Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2013, 23:09 WIB
KOMPAS.com - Salah satu misteri yang sering ditanyakan pria dan wanita adalah, berapa lamakah idealnya durasi berhubungan seks di luar foreplay? Sebenarnya tidak ada rumus pasti untuk itu. Meski demikian, berdasarkan penelitian yang dilakukan  di Amerika Serikat dan Kanada, durasi yang ideal untuk sexual intercourse hanya di kisaran 7-13 menit.


Eric Corty dan Jenay Guardiani, dua peneliti dari Pennsylvania State University, melakukan survei terhadap 50 anggota Society for Sex Therapy and Research (2008). Responden yang disurvei adalah para  psikolog , dokter , pekerja sosial, konsultan pernikahan, dan perawat yang telah berpengalaman puluhan tahun menangani problema seks pasiennya.

Berdasarkan respons responden survei, berhasil dibuat rentang waktu yang menghubungkan durasi berhubungan seks (di luar pemanasan) dan tingkat kepuasan pelakunya. Hasilnya sebagai berikut:

Durasi Seks                    Respon

1-2 menit                       Terlalu singkat

3-7 menit                        Memadai

7-13 menit                      Diinginkan

13-30 menit                    Terlalu lama

Hasil peneltian tersebut seperti mematahkan anggapan sebelumnya bahwa berhubungan seks yang ideal dan memuaskan itu berdurasi lama atau hingga berjam-jam. Padahal, 7-13 menit saja sudah cukup asal diiringi dengan foreplay yang maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com