Kompas.com - 09/11/2013, 16:32 WIB
Mimpi bercinta itu tak aneh kok. shutterstockMimpi bercinta itu tak aneh kok.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Meski banyak orang mengatakan berhubungan seksual setara dengan olahraga karena bisa membakar banyak kalori, ternyata tidak demikian.

Ketika bercinta dalam durasi sekitar 25 menit mulai dari foreplay sampai selesai, seorang pria akan membakar 100 kalori, sementara wanita 69. Banyak sedikitnya kalori yang dibakar sangat bervariasi, tergantung pada lama sebentarnya sesi bercinta.

Pengukuran jumlah kalori tersebut secara akurat dilakukan oleh tim dari Universitas Montreal Kanada yang melibatkan 21 pasangan suami istri.

Berbeda dengan pengukuran kalori sebelumnya saat responden diminta berhubungan seksual dengan dipasangi alat-alat untuk memonitor tubuh, dalam penelitian ini pengukuran dilakukan dengan teknologi baru dan dilakukan di rumah masing-masing. Tentu saja alat yang dipakai juga lebih nyaman sehingga pasangan yang berhubungan seks bisa lebih menikmati.

Bukan hanya itu, untuk mengetahui jenis olahraga yang membakar kalori setara dengan saat bercinta, para responden juga diminta berlari di treadmill selama 30 menit.

Pada wanita, berlari dengan kecepatan sedang membakar kalori lebih banyak daripada saat bercinta, yakni sampai total 213 kalori. Namun, ketika ditanya mana yang lebih menyenangkan, bercinta atau lari di treadmill, 95 persen responden menjawab berhubungan seks. Hanya 5 persen yang menjawab kedua aktivitas itu sama menyenangkan, dan tak ada responden yang lebih suka melakukan lari di treadmill.

"Level kalori yang dibakar dari berhubungan seksual ternyata bisa lebih tinggi dari pada berjalan santai, tetapi jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jogging," kata peneliti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.