Kompas.com - 11/11/2013, 10:02 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Baru pertama kali wawancara kerja? Perasaan tegang, khawatir, semuanya campur aduk menjadi satu. Terlebih lagi jika belum punya pengalaman kerja sama sekali, tentunya itu membuat kepercayaan diri menurun.

Padahal, salah satu kesuksesan menghadapi wawancara kerja adalah raya percaya diri. Tumbuhkan rasa "pede" dalam diri dengan melakukan hal-hal ini:

Bersikap positif

Apa pun yang terjadi pada hari wawancara kerja, jangan memikirkan hal-hal yang berada di luar kendali Anda. Percayalah akan kekuatan pikiran positif!

Jelaskan apa yang Anda inginkan

Meski belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menjelaskan apa saja yang ingin diraih dalam sebuah pekerjaan, misalnya ingin terlibat dalam sebanyak mungkin projek sehingga pengalaman Anda akan bertambah. Menjelaskan target yang ingin diraih bisa memberikan gambaran kompetensi pada si pewawancara.

Berlatihlah

Meningkatkan keterampilan wawancara sama saja seperti halnya meningkatkan keterampilan apapun. Oleh sebab itu, berlatih merupakan satu-satunya cara yang mungkin bisa dilakukan. Cobalah cari tahu kira-kira pertanyaan apa yang akan diajukan pada saat wawancara kerja, lalu berlatihlah menjawabnya sehingga saat hari-H Anda lebih tenang.

Jangan meremehkan kekuatan mendengarkan

Wawancara bukan hanya menyampaikan hal-hal tentang diri Anda. Tapi juga menjadi kesempatan untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang pekerjaan dan perusahaan yang sedang Anda lamar. Karena itu jadilah pendengar yang baik.

Berjalan dengan percaya diri

Tidak hanya kemampuan Anda yang dinilai dalam wawancara kerja, tapi bahasa tubuh dan postur tubuh juga menandakan kepercayaan diri dan karakter seseorang. Berjalan, berjabat tangan, atau menjawablah dengan kalimat yang tertata dan suara yang jelas. Jangan lupa untuk tersenyum untuk menyembunyikan rasa gugup.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.