Kompas.com - 13/11/2013, 07:35 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

 

KOMPAS.com — Mendengar namanya saja sudah cukup membuat Anda bergidik bukan? Betapa menjijikkannya, hewan hitam dan jorok ini dimanfaatkan sebagai produk kecantikan perempuan di Amerika!

Tunggu dulu, jangan langsung berpikiran negatif, ternyata ada alasannya mengapa hewan serangga ini dianggap sebagai bahan dasar kosmetik terbaik. Sebab, kecoa merupakan hewan yang memiliki sumber protein yang baik dan mudah diperoleh sehingga produk yang mengandung protein dari kecoa dapat dibanderol dengan harga terjangkau.

Menurut geniusbeauty, seperti yang diberitakan oleh Los Angeles Times, jenis kecoa yang paling baik adalah kecoa Periplaneta americana, atau kecoa amerika. Ciri-ciri fisiknya adalah coklat kemerahan dengan panjang hingga mencapai 1,6 cm.

Bahkan, kini, beberapa peternak di Amerika dan China telah mengembangkan jenis kecoa tersebut. Dengan hanya memasok ke perusahaan kosmetik, peternak dapat memperoleh profit hingga lebih kurang 10.000 dollar AS per tahun. Luar biasa!

Setelah melalui penelitian dan studi, Pemerintah Amerika menyatakan bahwa protein kecoa aman digunakan sebagai produk kosmetik. Bahkan, pada tahun 2011 lalu, FDA telah melegalkan bahan dasar ini, tetapi dengan syarat perusahaan kosmetik wajib mencantumkan kecoa sebagai bahan dasar pada keterangan produk yang tertulis dalam kemasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.