Kompas.com - 13/11/2013, 20:25 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com -
Tak ada perempuan yang ingin memiliki kulit kering, apalagi sampai bersisik. Mimpi saja pun pasti malas. Dari antara sekian banyak produk perawatan kulit, losion pelembab pasti jadi produk pilihan untuk mengatasi kekeringan di kulit.

Sudah coba beragam produk tapi kulit masih saja kering (terutama di bagian siku tangan)? Apakah sebelumnya Anda pernah menerapkan metode alami yang murah meriah ? Mudah kok, yaitu dengan memanfaatkan khasiat buah pisang!

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pharmacognosy Phytochemistry mengungkapkan bahwa daging buah pisang mengandung banyak vitamin C yang berfungsi sebagai agen penyembuh. Sedangkan bagian kulitnya, mengandung banyak senyawa antibiotik dan antijamur.

Kedua bagian dari pisang ini merupakan cara alamiah untuk menghilangkan kekeringan kulit. 

1. Buah
Kandungan vitamin C dari buah pisang yang matang sangatlah tinggi. Dapat melembabkan kulit, melembutkan dan menjadikannya lebih kenyal.

Caranya, haluskan pisang sampai benar-benar lembut. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang kering. Setelah 5-10 menit, bersihkan olesan pisang ini dengan menggunakan air hangat. Tambahkan satu sendok makan madu untuk meningkatkan efektivitasnya. 

2. Kulit
Kalau malas membuat masker pisang sendiri, Anda juga bisa menggunakan bagian kulitnya saja. Dr Andrew Ordon pembawa acara TV The Doctor, menyarankan agar kulit tubuh Anda terjaga tingkat kelembabkannya, cobalah gosokkan kulit pisang ke bagian kulit tubuh yang kering dengan gerakan melingkar selama beberapa saat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.