Kompas.com - 19/11/2013, 14:37 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Jika Eropa dan Amerika memiliki tradisi baby shower, di Indonesia ada syukuran tujuh bulanan yang tersebar pada seluruh penjuru Nusantara.

Awalnya, tradisi ini merupakan perayaan yang melambangkan kesuburan perempuan. Namun, perjalanan waktu pun memodifikasi ritual leluhur ini dengan kemasan yang lebih modern, dan dimanfaatkan oleh ibu hamil sebagai ajang berkumpul dengan keluarga dan sahabat.

Seperti yang telah sering Anda dengar bahwa ibu hamil yang bahagia akan melahirkan bayi yang sehat pula. Kebahagiaan terbentuk karena lingkungan yang selalu mendukung dan mengerti Anda. Jadi, perbanyak waktu berkumpul bersama orang-orang terdekat selain suami, seperti misalnya sahabat, saudara kandung perempuan, dan orangtua.

Dukungan yang terus-menerus dari lingkungan sekitar terbukti dapat mengurangi rasa sakit ketika proses melahirkan, dan juga bisa menurunkan risiko terjadinya tindakan medis lanjutan, seperti operasi caesar atau induksi.

“Orang-orang yang dekat di hati ibu yang tengah hamil bisa meringankan gejala stres, dengan cara mengekspresikan perasaan tertekan, kekhawatiran, dan paranoid menjelang melahirkan. Tiga hal ini merupakan pencetus terjadinya depresi setelah melahirkan (baby blues syndrome)," terang Dr Sarah Shanahan, ahli kebidanan dan kandungan yang berpraktik di Cape Town dan di Groote Schuur Hospital’s Departement of Obstetrics and Gynecology, seperti yang dikutip dari majalah SHAPE.

Kegiatan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat ini, menurut Shanahan, kerap dianggap remeh oleh para ibu hamil. Padahal kelompok pendukung yang positif sangat dibutuhkan terutama untuk perempuan yang baru pertama kali mengandung. Bersama sahabat, apalagi mereka yang telah memiliki pengalaman melahirkan, Anda jadi bisa menimba dan menambah pengetahuan seputar kehamilan dari mereka. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.