Kompas.com - 23/11/2013, 07:45 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Produksi kelenjar minyak yang berlebihan di kulit bisa menyebabkan wajah jadi lengket, mengilap, belum lagi masalah jerawat karena pori-pori mudah tersumbat. Tetapi kondisi tersebut bukannya tidak bisa dihindari, dengan cara yang tepat kita bisa mengendalikan produksi kelenjar minyak.

Jenis kulit seseorang ditentukan oleh faktor genetik dan juga hormonal sehingga kita tidak bisa mengubahnya. Menurut Yosua Zeixhner, dermatolog dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinai Medical Center, AS, ada beberapa penyebab lain kulit berminyak.

Siklus menstruasi

Setiap bulannya tubuh akan melalui siklus reguler produksi hormon. Fluktuasi hormon ini  dapat merangsang peningkatan kelenjar minyak, sehingga saat PMS biasanya jerawat bermunculan.

Stres

Peningkatan kelenjar minyak dalam tubuh dapat diakibatkan oleh tekanan emosional dan fisik.

Penyumbatan pori-pori akibat kosmetik

“Makeup yang tebal dapat menjebak minyak dan memperburuk proses pelepasan oksigen lewat pori-pori,” kata Zeichner. Makanya, jika wajah ditutup make up setiap hari tanpa ada jeda kulit wajah untuk bernapas, kelenjar minyak dalam tubuh akan meningkat.

Sudah tahu bukan apa saja yang menyebabkan kulit berminyak? Sekarang cara untuk mengatasinya Anda bisa melakukan langkah sebagai berikut :

Memakai pembersih wajah yang tepat

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.