Kompas.com - 24/11/2013, 18:06 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Setiap orangtua pasti ingin punya anak yang kreatif dan cerdas. Ada banyak cara untuk merangsang kreativitas anak, misalnya latihan menggambar, bermain, atau yang lainnya. "Cara yang paling mudah untuk meningkatkan kreativitas anak adalah dengan memberi merek kebebasan," jelas psikolog anak, Vera Itabiliana, Psi di Nova Ladies Fair beberapa waktu lalu.

Untuk menjadikan anak agar lebih kreatif maka sebagai orangtua, Anda seharusnya memberi mereka kebebasan berekspresi dan kebebasan untuk menjadi diri sendiri. Selain itu, Vera mengungkapkan bahwa masih ada hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk merangsang kreativitas anak-anak.

1. Beri anak waktu bermain bebas dan variatif
Usia anak-anak adalah usia bermain. Sayangnya banyak orangtua yang tidak tahu bahwa bermain adalah sebuah proses perkembangan kreativitas mereka. "Yang menyedihkan sekarang ini banyak anak-anak sekolah dasar, yang melulu dijejali pelajaran dari pagi sampai malam. Bukannya tidak penting, tapi yang pasti anak-anak juga harus punya waktu bermain," sarannya.

2. Bantu anak menerima perubahan
Setiap masa kehidupan pasti ada hal-hal yang selalu berubah. sayangnya anak-anak tidak mudah menerima perubahan ini, dibanding orang dewasa. Bantu anak untuk menerima perubahan dalam hidup dengan cara yang mudah dimengerti anak-anak. Bantulah mereka juga untuk menyadari bahwa ada masalah yang jawabannya tidaklah mudah.

3. Bantu anak menyadari ada banyak jawaban untuk satu masalah
Tak cuma orang dewasa yang menghadapi masalah. Anak-anak juga mengalami banyak masalah dalam kehidupan mereka. Namun, ajarkan mereka untuk berpikir out of the box. Jangan beri mereka jawaban mutlak untuk sebuah masalah atau pertanyaan. Sebaliknya, ajarkan mereka untuk menyadari bahwa ada banyak kemungkinan jawaban untuk satu masalah.

4.Puji anak saat melakukan hal kreatif
Coba hitung berapa kali anak coba menunjukkan hasil karya mereka, dan sayangnya selalu Anda tolak? Mungkin saja bagi Anda, perilaku anak tersebut mengganggu, tapi masalahnya ini adalah proses kreatif mereka. Dengan menolak melirik hasil karyanya, Anda sudah membunuh ide kreatif mereka lho.

"Puji anak saat mereka melakukan hal-hal kreatif, misalnya menggambar, atau mewarnai. Hal ini akan membuat mereka dihargai dan terpacu untuk kembali melakukan hal-hal positif lainnnya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.