Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partisipasi Indonesia di Ajang Miss International 2013

Kompas.com - 29/11/2013, 11:46 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Setelah sukses mengirimkan wakilnya ke ajang internasional Miss Universe 2013 di Rusia, kini Yayasan Puteri Indonesia (YPI) kembali mengirimkan wakil Indonesia ke ajang Miss International 2013.

Miss International merupakan ajang beauty pageant yang diciptakan di Long Beach, California pada tahun 1960. Namun kini, "markas besar" ajang kecantikan ini berada di Jepang. Ajang ini akan diikuti oleh 50 negara dari seluruh dunia.

Berbeda dengan Miss Universe yang memiliki banyak tuan rumah penyelenggara, ajang Miss International selalu dilaksanakan di Tokyo, Jepang. Pemenang Miss International ini akan memiliki gelar sebagai Miss International yang diharapkan bisa menjadi Ambassadors of Peace and Beauty di seluruh dunia.

Mewakili Indonesia di ajang tersebut, Puteri Indonesia Lingkungan 2013, Marisa Sartika Maladewi akan bertolak ke Tokyo pada tanggal 5 Desember 2013. Perempuan berusia 20 tahun ini akan menjalani karantina mulai tanggal 5-16 Desember 2013 mendatang.

"Kompetisi ini tak sekadar kontes kecantikan saja, tapi justru menekankan pada nilai-nilai budaya dan lingkungan. Maka para kandidat pun harus memperkenalkan budaya negara mereka masing-masing kepada kandidat lainnya dan juga ke seluruh dunia," jelas Putri Kuswisnu Wardani, Ketua Dewan Pembina YPI, saat konferensi pers keberangkatan Marisa ke Tokyo, Kamis (28/11/2013).

Menjelang keberangkatannya, Marisa diberi banyak bekal untuk mempersiapkan penampilannya di ajang tersebut. Mulai pembekalan fisik dan penampilan, pembekalan tentang gaya berjalan di catwalk, pengetahuan tentang isu terkini, filosofi, filsafat, public speaking, kebugaran tubuh dan bahasa Inggris.

"Saya senang sekali sekaligus gugup menjelang keberangkatan ini. Ini pertama kalinya saya mengikuti kontes kecantikan internasional oleh YPI untuk mewakili Indonesia," ungkap Marisa.

Malam final penyelenggaraan Miss International ini akan digelar pada tanggal 17 Desember 2013 di Shinagawa Prince Hall, Tokyo, Jepang. Mampukah Marisa merebut mahkota Miss International 2013 dari tangan Ikumi Yoshimatsu, Miss International 2012? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com