Kompas.com - 29/11/2013, 15:53 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Meskipun memahami efek samping negatif mengenakan sepatu berhak tinggi sepanjang hari, hal itu tidak membuat perempuan, terutama perempuan karier, untuk mengurangi "loyalitas" mereka terhadap sepatu high heels, yang mampu memberikan efek tubuh jenjang semampai.

Pada jurnal Evolution and Human Behaviour yang digagas oleh Paul Morris, Jenny White, Edward Morrison, dan Kayleigh Fisher, empat psikolog dari University of Portsmouth, Inggris, seperti yang dikutip dari Huffington Post, responden pria dan perempuan sepakat bahwa gaya berjalan perempuan yang mengenakan sepatu high heels lebih sensual dan feminin, dibandingkan saat mereka berjalan dengan flat shoes.

Selain itu, turut disimpulkan bahwa sepatu high heels telah menjadi kebutuhan kaum perempuan modern. Masih berdasarkan informasi dari jurnal tersebut di atas, terungkap bahwa umumnya perempuan memiliki jumlah sepatu high heels minimal empat, dan maksimal 25 pasang.

Agar kaki tetap nyaman setelah mengenakan sepatu high heels sepanjang hari, situs iDiva merilis beberapa tip menjaga dan merawat penampilan kaki agar senantiasa cantik dan menarik.

1. Perawatan pagi
Perawatan kaki adalah sesuatu yang kerap diabaikan oleh kebanyakan perempuan. "Mulailah dengan menerapkan pelembab yang sesuai dengan kebutuhan kaki Anda. Pilih pelembab yang tidak terlalu berminyak agar tak lembab sepanjang hari," ungkap dermatolog kosmetik, dr Jaishree Sharad.

2. Pilih sepatu yang nyaman
Saat berhadapan dengan jadwal yang padat dan terus bergerak, pilihlah sepatu yang nyaman di kaki. Jangan memaksakan tetap mengenakan sepatu high heels, padahal tahu bahwa hari ini akan lebih banyak berjalan medan yang tidak kondusif untuk sepatu tersebut.

"Saat memakai sepatu flat dengan sol yang empuk, beban tubuh ada pada seluruh telapak kaki. Sementara itu, saat menggunakan high heels, beban tubuh tertumpu hanya pada tumit dan beberapa titik ke depan. Ini bisa menyebabkan nyeri tumit kronis dan masalah lainnya," ungkap dr Kshama Vibhakar, dermatolog.

Alas kaki hak tinggi juga akan memicu timbulnya varises. Jika memang harus menggunakan sepatu berhak tinggi, gunakan bantalan tambahan yang empuk.

3. Pilih sepatu sesuai jenis kulit
Jika memiliki kulit kaki yang cenderung lembab, maka usahakan untuk memilih sepatu terbuka. Adapun untuk kulit kering, pilihlah sepatu yang tertutup.

4. Perawatan rutin malam hari
Saat malam hari, cucilah kaki Anda dengan air hangat dan gunaan scrub untuk membersihkannya. Scrub ini bisa dibuat sendiri dari oatmeal. Kemudian, gosok kaki dengan batu apung. "Gunakan pelembab yang mengandung squalene, dimethicone, dan urea untuk menghilangkan kulit mati dan mencegah kekeringan di kaki," saran dr Jaishree.

Oleskan pelembab pada kaki yang masih basah, gunakan sepasang kaus kaki untuk melindungi kulit agar tetap lembut dan lentur. Merendam kaki dalam air garam juga menjadi obat yang baik untuk mengatasi pegal-pegal karena terlalu banyak berjalan dalam waktu lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber idiva
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.