Kompas.com - 04/12/2013, 12:41 WIB

KOMPAS.com – Menjalani rutinitas kehidupan yang sarat repetisi, seperti  bekerja seharian, pulang, senda gurau dengan keluarga, lalu beristirahat, dan esok harinya hal yang sama terus berulang. Kondis ini bukan tidak mungkin akan mendatangakan rasa bosan yang berkepanjangan,  akhirnya seseorang pun merasa depresi!

Untuk mencapai kebahagiaan,  Anda harus memiliki pikiran yang positif. Memang sih, melatih diri untuk selalu melihat segala sesuatu (bahkan yang buruk sekali pun) dari sisi yang paling baik, bukan hal yang mudah. Tetapi, bukan berarti tidak mungkin.

Nah, berikut beberapa panduan sederhana untuk membantu Anda menangkis berbagai bentuk stres ringan, yang merupakan “biang kerok” dari rasa tertekan dan letih berkepanjangan. Selamat mencoba!

Mandi setelah beraktivitas

Selain menghilangkan kuman yang berpotensi membuat tubuh menjadi drop dan kurang fit, ternyata mencium aroma rambut dan tubuh yang wangi serta segar, bisa membawa Anda beristirahat dengan tidur malam lebih maksimal. Selain itu, tidur dengan tubuh yang wangi, kabarnya dapat menghadirkan mimpi yang indah.

Matikan televisi 30 menit sebelum tidur

Sebelum akhirnya terlelap pulas, biasakanlah untuk memberikan waktu pada diri sendiri, sembari berbaring di tempat tidur selama setengah jam untuk tidak memikirkan apa pun. Dengan begini, pikiran Anda akan lebih terbuka, tenang, dan terencana untuk menyelesaikan masalah dan membuat action plan di esok hari.

Terpapar sinar matahari pagi

Selain sehat, kehangatannya bisa meredakan stres hingga 25 persen. Apalagi jika ditambah jalan kaki minimal 10 menit setiap hari.

Makan siang tepat waktu

Pekerjaan tak pernah selesai, tentunya akan selalu datang silih berganti. Maka dari itu, jangan jadikan deadline sebagai alasan untuk melewati waktu makan siang. Mungkin Anda tidak tahu, ternyata pada beberapa perusahaan, mereka menilai karyawan yang pergi dan kembali dari makan siang tepat waktu, ternyata dinilai lebih produktif. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.