Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2013, 12:41 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Menjalani rutinitas kehidupan yang sarat repetisi, seperti  bekerja seharian, pulang, senda gurau dengan keluarga, lalu beristirahat, dan esok harinya hal yang sama terus berulang. Kondis ini bukan tidak mungkin akan mendatangakan rasa bosan yang berkepanjangan,  akhirnya seseorang pun merasa depresi!

Untuk mencapai kebahagiaan,  Anda harus memiliki pikiran yang positif. Memang sih, melatih diri untuk selalu melihat segala sesuatu (bahkan yang buruk sekali pun) dari sisi yang paling baik, bukan hal yang mudah. Tetapi, bukan berarti tidak mungkin.

Nah, berikut beberapa panduan sederhana untuk membantu Anda menangkis berbagai bentuk stres ringan, yang merupakan “biang kerok” dari rasa tertekan dan letih berkepanjangan. Selamat mencoba!

Mandi setelah beraktivitas

Selain menghilangkan kuman yang berpotensi membuat tubuh menjadi drop dan kurang fit, ternyata mencium aroma rambut dan tubuh yang wangi serta segar, bisa membawa Anda beristirahat dengan tidur malam lebih maksimal. Selain itu, tidur dengan tubuh yang wangi, kabarnya dapat menghadirkan mimpi yang indah.

Matikan televisi 30 menit sebelum tidur

Sebelum akhirnya terlelap pulas, biasakanlah untuk memberikan waktu pada diri sendiri, sembari berbaring di tempat tidur selama setengah jam untuk tidak memikirkan apa pun. Dengan begini, pikiran Anda akan lebih terbuka, tenang, dan terencana untuk menyelesaikan masalah dan membuat action plan di esok hari.

Terpapar sinar matahari pagi

Selain sehat, kehangatannya bisa meredakan stres hingga 25 persen. Apalagi jika ditambah jalan kaki minimal 10 menit setiap hari.

Makan siang tepat waktu

Pekerjaan tak pernah selesai, tentunya akan selalu datang silih berganti. Maka dari itu, jangan jadikan deadline sebagai alasan untuk melewati waktu makan siang. Mungkin Anda tidak tahu, ternyata pada beberapa perusahaan, mereka menilai karyawan yang pergi dan kembali dari makan siang tepat waktu, ternyata dinilai lebih produktif. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com