Kompas.com - 06/12/2013, 17:43 WIB
Teh hijau teabeansTeh hijau
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Untuk mendapatkan teh yang nikmat dan juga tak kehilangan manfaat di dalamnya, ternyata kita perlu memperhatikan cara yang tepat untuk menyeduh teh hijau. Suhu air yang dipakai sangat berpengaruh pada teh yang dihasilkan.

Menurut pakar teh Ratna Somantri, tidak semua teh bisa diseduh dengan air mendidih, misalnya teh hijau atau teh oolong. Penggunaan air terlalu panas dapat membuat teh menjadi pahit.

"Maksimal suhu air untuk teh hijau sekitar 70 derajat, sementara air mendidih bisa dipakai untuk menyeduh teh hitam. Cara mengetahui suhunya bisa dirasakan dari uap panas di cangkir," katanya.

Ia menambahkan, jika suhu cangkir terasa sangat panas sehingga kita sulit menyentuhnya, berarti suhu air yang digunakan berada di ats 90 derajat. "Suhu yang pas untuk teh hijau yang hangat saja," ujar pendiri Komunitas Pencinta Teh yang mengajak anggotanya untuk icip-icip berbagai jenis teh ini.

Selain suhu air, Ratna menyarankan agar setelah diseduh air teh jangan diaduk. "Biarkan agar teh larut dengan sendirinya. Tunggu sekitar lima menit. Mengaduk teh dapat merusak struktur daun teh sehingga bisa menghilangkan keunikan rasanya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.