Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Nikmat, Perhatikan Suhu Air untuk Menyeduh Teh

Kompas.com - 06/12/2013, 17:43 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Kompas.com - Untuk mendapatkan teh yang nikmat dan juga tak kehilangan manfaat di dalamnya, ternyata kita perlu memperhatikan cara yang tepat untuk menyeduh teh hijau. Suhu air yang dipakai sangat berpengaruh pada teh yang dihasilkan.

Menurut pakar teh Ratna Somantri, tidak semua teh bisa diseduh dengan air mendidih, misalnya teh hijau atau teh oolong. Penggunaan air terlalu panas dapat membuat teh menjadi pahit.

"Maksimal suhu air untuk teh hijau sekitar 70 derajat, sementara air mendidih bisa dipakai untuk menyeduh teh hitam. Cara mengetahui suhunya bisa dirasakan dari uap panas di cangkir," katanya.

Ia menambahkan, jika suhu cangkir terasa sangat panas sehingga kita sulit menyentuhnya, berarti suhu air yang digunakan berada di ats 90 derajat. "Suhu yang pas untuk teh hijau yang hangat saja," ujar pendiri Komunitas Pencinta Teh yang mengajak anggotanya untuk icip-icip berbagai jenis teh ini.

Selain suhu air, Ratna menyarankan agar setelah diseduh air teh jangan diaduk. "Biarkan agar teh larut dengan sendirinya. Tunggu sekitar lima menit. Mengaduk teh dapat merusak struktur daun teh sehingga bisa menghilangkan keunikan rasanya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com