Kompas.com - 09/12/2013, 14:05 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Saat cuaca berubah mendung dan hujan turun tiada henti, maka yang terlintas di dalam pikiran kita adalah minuman hangat yang dapat menghangatkan tubuh. Minuman yang menggunakan jahe sungguh tepat untuk cuaca yang tidak bersahabat ini. Selain rasanya lezat, membuatnya pun sangat mudah. Selamat menikmati.


Teh Jahe Kayu Manis

Keperluan: 1 liter air, 150 gr gula pasir, 2 batang sereh, memarkan, 3 butir cengkeh, 1 batang kayu manis, 3 ibu jari jahe (100 gr), bakar lalu memarkan, 2 kantong teh celup.

Cara membuat: didihkan air, masukkan bahan-bahan tersebut, biarkan beberapa saat sampai harum rempah-rempahnya tercium. Masukkan teh celup, diamkan kira-kira ¼ jam. Saring, lalu sajikan selagi panas.

 
Wedang Angsle

Keperluan: Untuk isinya: 8 butir nangka, potong-potong, 100 gram kacang hijau, rebus sampai lunak, 200 gram tape singkong, potong dadu, 200 gram kacang goreng, sekoteng.

Saus: saus jahe ditambah saus santan.

Saus jahe:

Keperluan: 1 liter air, 225 gram gula pasir, 100 gram jahe, 3 lembar daun pandan, sobek-sobek, 2 batang sereh, memarkan.

Cara Membuat: jahe dibakar, kupas, lalu memarkan, didihkan air, masukkan gula dan bahan-bahan lainnya. Masak dengan api kecil dan panci tertutup sampai rempah-rempahnya meresap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.