Kompas.com - 12/12/2013, 11:02 WIB
Make up remover SHUTTERSTOCKMake up remover
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Membersihkan wajah adalah ritual yang wajib dilakukan, apa pun pulasan make up yang Anda pakai hari ini, baik itu hanya pelembab, bedak tipis, atau lipstik.

Malas membersihkan make up bisa menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga Anda rentan berjerawat dan komedo. Mengangkat sisa make up di malam hari juga akan membuat sel-sel kulit beregenerasi dengan baik.

Banyaknya produk pembersih wajah di pasaran kerap membuat kita bingung memilih produk yang paling tepat. Menurut dokter kulit Jeanie Downie, pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya, jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau kering, hindari produk pembersih yang mengandung alkohol karena membuat kulit semakin kering atau iritasi.

Downey juga menyarankan agar Anda berhati-hati jika ingin membersihkan make up dengan baby oil karena justru menghambat pori dan menyebabkan komedo.

Beberapa produk pembersih wajah juga mengandung bahan pembersih aktif yang bisa menumpuk di kulit, kecuali kita mencuci muka. "Hal ini bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Beberapa produk pembersih wajah juga mengandung bahan yang menyebabkan alergi, seperti parfum," kata Dr.Susan Stuart, direktur medis dari La Jolla Dermatology.

Memilih produk pembersih wajah yang tepat juga berdampak besar pada kondisi kulit. Jika Anda mengalami gangguan kulit seperti eksim, pilihlah pembersih wajah yang bebas pengharum dan hipoalergenik. Pembersih wajah berbentuk krim atau cair akan lebih cocok untuk mereka yang kulitnya sensitif.

Yang tak kalah penting adalah membersihkan riasan mata, terutama jika Anda memakai maskara tahan air yang biasanya sulit dihapus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk mata, pilihlah produk pembersih khusus. Membiarkan maskara masih menempel semalaman bisa menyebabkan infeksi mata atau mata tampak tidak segar di pagi hari," kata Dr.David. E.Bank, pendiri The Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery.

Jangan lupa untuk mencuci wajah setelah menggunakan pembersih wajah untuk memastikan wajah benar-benar bersih.

Bila Anda memiliki kulit wajah berminyak atau kombinasi, gunakan sabun pembersih wajah dengan asam salisitat atau benzoyl peroxide. Untuk kulit kering, gunakan sabun berbentuk krim dan lembut.

Pijat wajah perlahan dengan jari membentuk gerakan melingkar. Gunakan air suam-suam kuku dan spons untuk membersihkan wajah secara sempurna.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.