Kompas.com - 13/12/2013, 15:07 WIB
Pilih kosmetik dengan cara yang tepat WOMANSDAYPilih kosmetik dengan cara yang tepat
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Mempercantik penampilan diri sendiri membutuhkan banyak pengorbanan, baik itu dalam sisi waktu hingga biaya. Akan tetapi, sebenarnya Anda bisa kok menghemat pengeluaran perawatan kecantikan. Berikut beberapa cara penghematan yang mudah untuk dipraktekkan.

Mewarnai rambut sendiri

Dibandingkan perawatan kecantikan lainnya, biaya pewarnaan rambut bisa dibilang cukup mahal. Padahal, jika Anda mau, untuk menghemat pengeluaran ritual ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Membeli cat rambut di pasar swalayan terdekat tidak menuntut pengeluaran yang terlalu tinggi. Untuk mengaplikasikan warna rambut dengan metode sederhana, sebenarnya juga tidak membutuhkan banyak waktu. Jika rambut Anda panjang, bisa minta bantuan dari seorang teman atau si mbok di rumah.

Memilih gaya rambut yang mudah untuk dirawat

Rambut pendek tidak kalah gaya dengan rambut medium atau panjang, malah keuntungannya semakin pendek rambut Anda semakin hemat biaya perawatannya. Selain itu, waktu yang dibutuhkan pun terbilang singkat, karena penataannya lebih simpel. Agar tidak terlihat maskulin, bisa diakali dengan pilihan busana yang lebih feminin dan anggun.

Pergi ke salon akademi kecantikan untuk alternatif perawatan yang lebih terjangkau

Daripada pergi ke salon ternama, tidak ada salahnya untuk menjajal salon akademi yang didedikasikan pemilik salon untuk lulusan terbaik mereka. Umumnya, tipe salon ini menawarkan biaya yang terjangkau, tetapi kualitas yang diberikan juga tidak buruk. Walaupun, keterampilan penata rambut belum semahir mereka yang telah berpengalaman. Jika ingin berkunjung ke salon akademi, disarankan untuk memilih perawatan yang aman, seperti creambath, blow dry hair, padicure dan manicure standar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membeli dalam jumlah besar

Jika ingin menghemat pengeluaran disarankan untuk membelinya di tempat grosir, karena semakin banyak jumlah produk yang Anda beli, penjual akan memberikan harga yang lebih murah. Cara ini bisa Anda jadikan alternatif saat sedang mengencangkan ikat pinggang terhadap pengeluaran Anda. Karena, produk kecantikan memiliki tenggat kadaluarsa yang lama, minimal dua tahun. Jadi, meskipun jumlah pembelian banyak tapi dapat Anda simpan untuk digunakan saat produk yang dipakai telah habis.

Membeli produk diskon

Anda semua tentu ingin memiliki sejumlah produk kecantikan dari merek ternama untuk dikoleksi dan digunakan sesekali. Namun, karena harganya yang mahal membuat Anda harus menabung beberapa bulan atau bahkan menunggu diskon untuk membelinya. Ya, pilihan membelinya di musim diskon adalah cara bijak untuk menghemat biaya belanja bulanan.

Belilah parfum yang bebas alkohol

Parfum yang mengandung alkohol, memiliki aroma yang lebih cepat menguap daripada yang masih mengandung bibit parfum. Maka dari itu, kenapa Anda tidak mencoba untuk membeli parfum tanpa kandungan alkohol sehingga aroma wangi yang dihasilkan bisa bertahan lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.