Kompas.com - 13/12/2013, 16:06 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Di usia sekolah, anak-anak membutuhkan perhatian ekstra untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir mereka. Tetapi kasihan juga ya kalau mereka sudah lelah belajar di sekolah dan di rumah masih harus belajar lagi.

Kalau begitu kenapa tak ajak anak-anak untuk bermain catur? Permainan ini bukan hanya dirancang untuk orang-orang lanjut usia yang ingin menghabiskan waktu di taman. Jika permainan ini dilakukan secara teratur, dapat membantu anak merangsang kreativitas dan mengembangkan kemampuan otaknya.

Ternyata cukup banyak manfaat yang bisa didapat anak dari kegiatan bermain catur.

1. Memecahkan masalah
Dalam permainan ini, otak Anda dan anak-anak "dipaksa" untuk berpikir untuk membuat strategi dan perhitungan. Latihan ini akan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Anak juga akan belajar melihat masalah dari berbagai sudut dan menemukan solusinya.

Catur juga memaksa pemain untuk mencari jalan alternatif dan tidak menyerah sampai semua strategi dan kemungkinan terkecil sudah dicoba. Dengan demikian, permainan ini akan membantu anak untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untu bertahan hidup yang diperlukan di dunia nyata.

2. Memperkuat ingatan
Penelitian sudah menunjukkan bahwa pelajar yang bermain catur memiliki memori yang kuat. Selain itu, otak mereka berkembang lebih signifikan dibanding yang tidak.

3. Kesabaran
Bermain catur tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Permainan ini mewajibkan Anda untuk berpikir dengan cermat sehingga anak harus bersabar untuk bisa memenangkan pertandingan.

4. Fokus
Pola pikir anak anak berkembang ketika mereka bermain permainan "berpikir". Mau tak mau, anak akan duduk tenang dan memeras otaknya untuk berstrategi. Mereka akan fokus pada berbagai kemungkinan langkah yang mungkin diambil untuk menghabiskan pion-pion lawannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.