Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2013, 17:58 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Oprah

KOMPAS.com — Ibarat mendaki gunung, tak lengkap rasanya jika belum mencapai puncak. Demikian pula dengan hubungan seksual. Rasanya ada yang kurang jika klimaks seksual tak diraih. Sayangnya, pada wanita, kenikmatan ini tak selalu mudah didapat.

Di banyak survei yang dilakukan, terungkap bahwa rata-rata hanya separuh wanita yang rutin merasakan orgasme. Sebagian besar memang sudah pernah mengalami orgasme, tetapi kemudian tidak bisa lagi melakukannya.

Peneliti seks dan juga dokter ahli endokrinologi Barry R Komisaruk mengungkapkan, antara 24 dan 37 persen wanita kesulitan mencapai klimaks.

Ada banyak faktor yang bisa menghambat tercapainya kenikmatan seksual, antara lain obat-obatan, alkohol, gangguan emosional, merokok, dan juga menopause. Sebagian besar wanita juga membutuhkan bantuan ekstra untuk membangkitkan gairahnya.

Meski begitu, menurut Komisaruk, sebenarnya ada lima hal yang perlu diketahui untuk membantu wanita meraih orgasme.

Butuh waktu
Kebanyakan wanita membutuhkan waktu paling lama 20 menit untuk stimulasi klitoris atau G-spot untuk meraih orgasme. Meski begitu, tentu yang paling tepat adalah komunikasi yang terbuka untuk mengungkapkan bagian mana yang paling suka disentuh.

Pendekatan emosional
Wanita bukan hanya membutuhkan sentuhan, melainkan juga rayuan. Bagaimana gairah dapat dibangkitkan jika pasangan jarang mengungkapkan rasa cinta dan pujiannya kepada Anda. Pujian tulus yang disampaikan bisa membuat wanita merasa istimewa dan menumbuhkan perasaan dekat dan intim.

Bantuan kecil
Meski masih perlu dibuktikan secara ilmiah, beberapa testimoni menyebutkan adanya suplemen herbal tertentu yang bisa membantu wanita meraih kenikmatan seksual. Misalnya saja herbal ginseng Korea, gingko biloba, vitamin, dan mineral. Pilihlah produk yang sudah mendapat sertifikat aman dari badan obat.

Masturbasi
Tak perlu malu membahas soal masturbasi. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, terutama membantu kita mengenali bagian-bagian paling sensitif sekaligus mendapatkan kenikmatan. Selain itu, masturbasi juga menyehatkan secara psikologis karena bisa menurunkan ketegangan emosi akibat hasrat yang terpendam.

Pijatan sensual
Dari zaman Yunani kuno hingga sekarang, pijatan seksual selalu dianjurkan untuk membangkitkan gairah sehingga puncak kenikmatan lebih mudah digapai.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Oprah

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com