Kompas.com - 27/12/2013, 14:36 WIB
Diet sehat pada anak SHUTTERSTOCKDiet sehat pada anak
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Kelebihan berat badan di usia dini pada anak Anda bisa menjadi permasalahan yang serius. Bobotnya yang tambun dapat menghambat pertumbuhan, selain itu juga bisa menimbulkan rangkaian gangguan kesehatan lainnya.

Memang, anak kecil yang gemuk terlihat begitu menggemaskan dan lucu. Akan tetapi, jika berat badannya yang berlebih membuat daya gerak si anak menjadi terhambat, maka hal itu hanya akan menyusahkan buah hati Anda. Faktor anak gemuk bisa disebabkan karena genetik, kebiasaan makan, atau masalah kesehatan.

Agar anak tidak kebablasan gemuk, dari sekarang coba yuk untuk mengontrol keseimbangan berat badannya. Salah satunya dengan melakukan diet sehat seperti dikutip Boldsky berikut ini:

Berkonsultasi dengan ahli gizi

Meminta nasihat ahli gizi anak merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai diet sehat untuk si kecil. Kalau Anda sembarang melakukan diet untuk si kecil, maka bisa berdampak juga pada kesehatannya. Oleh karena itu, sebelum menentukan diet yang tepat untuk si kecil, berkonsultasilah dengan ahli gizi.

Mengontrol berat badan

Sebelum memulai penurunan berat badan anak Anda, cobalah untuk tetap menjaga berat anak agar stabil untuk sementara waktu. Setelah berat badan anak stabil selama beberapa minggu, baru Anda bisa memulai metode pola makan dengan diet yang sudah direncanakan.

Memantau menu anak Anda

Bila ingin mengontrol diet anak Anda, maka mulailah mengontrol segala asupan makanan yang dikonsumsinya. Mulailah mengurangi gula-gula yang biasanya digemari anak, tidak harus mengurangi secara drastis, tetapi lakukan secara perlahan. Ganti junk food anak dengan makanan olahan rumah. Jangan lupa sisipkan sayur-mayur yang bergizi tinggi.

Meningkatkan aktivitas fisik

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Boldsky
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.