Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2013, 16:45 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com — Jika perasaan sedih dan lelah telah mendominasi hidup Anda belakangan ini, mungkin ini saatnya untuk mengungkapkan akar masalahnya.

Apakah Anda merasa kewalahan menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga? Atau Anda merasa bisa melakukan apa saja: mengurus anak, menyiapkan makanan rumahan yang sehat, sampai menangani proyek penting di kantor, padahal sebenarnya tidak?

Banyak perempuan yang memiliki cita-cita mencapai sukses dalam dua hal, keluarga dan karier. Padahal kalau mau jujur, melakukan peran ganda tersebut bisa sangat melelahkan.

"Faktanya adalah banyak wanita ingin menjadi seorang superwoman," kata psikolog, Dr Jennifer Powel-Lunder.

Memaksakan diri menjadi wanita yang super bisa menyebabkan kita merasa cemas bahkan depresi. Apalagi jika dibandingkan dengan pria, wanita dua kali lebih rentan mengalami depresi.

Beberapa gejala depresi yang umum dialami antara lain mudah tersinggung, cepat marah, cemas, insomnia, sulit tidur, tidak nafsu makan, atau selalu ingin mengonsumsi makanan yang membuat nyaman, kehilangan minat melakukan aktivitas, gairah seks menurun, sulit berkonsentrasi, dan masih banyak lagi.

Sayangnya banyak wanita tidak menyadari kondisi yang dialaminya. Padahal yang perlu dilakukan adalah memahami kondisinya dan mencari dukungan.

"Tidak perlu merasa gagal jika kita tidak bisa melakukan banyak hal. Jangan ragu untuk menghapuskan keinginan menjadi wanita super dan mulailah memikirkan kebutuhan diri sendiri agar hidup menjadi seimbang," katanya.

Jika Anda tidak sempat untuk memasak sendiri makanan di rumah, tak perlu gengsi untuk memesan makanan katering, misalnya.

Gejala depresi tidak bisa diabaikan karena ini bisa berlanjut menjadi berat. Namun, sebelum mempertimbangkan untuk minum obat antidepresan, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi perasaan depresi antara lain mencari dukungan dari teman atau keluarga. Jangan segan untuk menerima bantuan dari orang-orang terdekat.

Carilah waktu untuk memanjakan diri sendiri. Entah itu sekadar berolahraga ringan, pijat, atau meluangkan waktu sebentar untuk melakukan "window shopping" sepulang kantor. Lakukan apa saja yang bisa membuat Anda rileks, seimbang, dan merasa dicintai.

Jika Anda tidak memperhatikan diri sendiri, bagaimana Anda dapat memperhatikan orang-orang yang Anda cintai? Ini saatnya bagi Anda yang ingin menjadi wanita super untuk "menjejakkan kaki di bumi". Menjadi seorang ibu dan wanita "biasa" pun sudah cukup hebat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com