Kompas.com - 30/12/2013, 16:45 WIB

Kompas.com — Jika perasaan sedih dan lelah telah mendominasi hidup Anda belakangan ini, mungkin ini saatnya untuk mengungkapkan akar masalahnya.

Apakah Anda merasa kewalahan menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga? Atau Anda merasa bisa melakukan apa saja: mengurus anak, menyiapkan makanan rumahan yang sehat, sampai menangani proyek penting di kantor, padahal sebenarnya tidak?

Banyak perempuan yang memiliki cita-cita mencapai sukses dalam dua hal, keluarga dan karier. Padahal kalau mau jujur, melakukan peran ganda tersebut bisa sangat melelahkan.

"Faktanya adalah banyak wanita ingin menjadi seorang superwoman," kata psikolog, Dr Jennifer Powel-Lunder.

Memaksakan diri menjadi wanita yang super bisa menyebabkan kita merasa cemas bahkan depresi. Apalagi jika dibandingkan dengan pria, wanita dua kali lebih rentan mengalami depresi.

Beberapa gejala depresi yang umum dialami antara lain mudah tersinggung, cepat marah, cemas, insomnia, sulit tidur, tidak nafsu makan, atau selalu ingin mengonsumsi makanan yang membuat nyaman, kehilangan minat melakukan aktivitas, gairah seks menurun, sulit berkonsentrasi, dan masih banyak lagi.

Sayangnya banyak wanita tidak menyadari kondisi yang dialaminya. Padahal yang perlu dilakukan adalah memahami kondisinya dan mencari dukungan.

"Tidak perlu merasa gagal jika kita tidak bisa melakukan banyak hal. Jangan ragu untuk menghapuskan keinginan menjadi wanita super dan mulailah memikirkan kebutuhan diri sendiri agar hidup menjadi seimbang," katanya.

Jika Anda tidak sempat untuk memasak sendiri makanan di rumah, tak perlu gengsi untuk memesan makanan katering, misalnya.

Gejala depresi tidak bisa diabaikan karena ini bisa berlanjut menjadi berat. Namun, sebelum mempertimbangkan untuk minum obat antidepresan, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi perasaan depresi antara lain mencari dukungan dari teman atau keluarga. Jangan segan untuk menerima bantuan dari orang-orang terdekat.

Carilah waktu untuk memanjakan diri sendiri. Entah itu sekadar berolahraga ringan, pijat, atau meluangkan waktu sebentar untuk melakukan "window shopping" sepulang kantor. Lakukan apa saja yang bisa membuat Anda rileks, seimbang, dan merasa dicintai.

Jika Anda tidak memperhatikan diri sendiri, bagaimana Anda dapat memperhatikan orang-orang yang Anda cintai? Ini saatnya bagi Anda yang ingin menjadi wanita super untuk "menjejakkan kaki di bumi". Menjadi seorang ibu dan wanita "biasa" pun sudah cukup hebat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.