Kompas.com - 02/01/2014, 14:58 WIB
Ilustrasi kehamilan SHUTTERSTOCKIlustrasi kehamilan
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Tidak hanya wanita lajang yang sebal jika ditanya pertanyaan “kapan menikah?” Ternyata, ada beberapa hal yang tidak pantas diucapkan kepada ibu hamil. Penasaran? Yuk simak!

Fluktuasi hormon sering dituding sebagai penyebab dari sifat cepat tersinggung perempuan yang tengah hamil, hingga akhirnya mereka mudah mengeluh, marah, dan sering menggerutu. Meskipun fakta tersebut telah diketahui secara umum, banyak orang tidak menyadarinya.

Lalu apa saja sih ucapan dan perkataan yang dapat membuat seorang ibu hamil kesal dan jengkel mendengarkannya. Berikut uraiannya.

Apakah Anda merencanakan kehamilan ini?

Jangan sesekali mempertanyakan mengenai status kehamilan seorang perempuan, apakah direncanakan atau tidak, karena topik tersebut merupakan ranah pribadi. Bagaimana dirinya hamil bukanlah urusan orang lain! Ucapkan saja kata selamat dan doakan agar proses bersalinnya lancar dan sang buah hati lahir selamat, juga sehat.

Apakah Anda bahagia?

Pertanyaan ini seolah merefleksikan bahwa perempuan hamil tak lagi memiliki kebebasan. Tanpa Anda ingatkan, mereka sudah tahu bahwa aktivitas mereka terbatas, tetapi semuanya itu setimpal dengan kebahagiaan memiliki buah hati.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apakah Anda akan menyusui?

Untuk urusan menyusui atau tidak, bagaimanapun, seorang ibu akan memberikan yang terbaik untuk bayi mereka. Intinya, hanya ibu yang tahu, apa yang terbaik untuk anak-anak mereka. Jadi, jangan mempertanyakan hal-hal yang sudah jelas jawabannya.  

Berat badan Anda naik berapa?

Jangan pernah menyinggung berat badan pada perempuan hamil karena mereka akan menjadi sangat sensitif. Kenaikan berat badan ketika sedang hamil terjadi karena asupan makanan yang lebih banyak untuk nutrisi jabang bayi dalam kandungan.  

Anda tetap berolahraga, apakah aman untuk bayi Anda?

Banyak yang bilang kalau perempuan hamil tidak dianjurkan untuk berolahraga. Padahal, kini sudah banyak jenis olahraga khusus perempuan yang tengah mengandung. Jadi,mereka tahu betul olahraga mana yang baik dan tidak untuk kandungan mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.