Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2014, 14:58 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Tidak hanya wanita lajang yang sebal jika ditanya pertanyaan “kapan menikah?” Ternyata, ada beberapa hal yang tidak pantas diucapkan kepada ibu hamil. Penasaran? Yuk simak!

Fluktuasi hormon sering dituding sebagai penyebab dari sifat cepat tersinggung perempuan yang tengah hamil, hingga akhirnya mereka mudah mengeluh, marah, dan sering menggerutu. Meskipun fakta tersebut telah diketahui secara umum, banyak orang tidak menyadarinya.

Lalu apa saja sih ucapan dan perkataan yang dapat membuat seorang ibu hamil kesal dan jengkel mendengarkannya. Berikut uraiannya.

Apakah Anda merencanakan kehamilan ini?

Jangan sesekali mempertanyakan mengenai status kehamilan seorang perempuan, apakah direncanakan atau tidak, karena topik tersebut merupakan ranah pribadi. Bagaimana dirinya hamil bukanlah urusan orang lain! Ucapkan saja kata selamat dan doakan agar proses bersalinnya lancar dan sang buah hati lahir selamat, juga sehat.

Apakah Anda bahagia?

Pertanyaan ini seolah merefleksikan bahwa perempuan hamil tak lagi memiliki kebebasan. Tanpa Anda ingatkan, mereka sudah tahu bahwa aktivitas mereka terbatas, tetapi semuanya itu setimpal dengan kebahagiaan memiliki buah hati.  

Apakah Anda akan menyusui?

Untuk urusan menyusui atau tidak, bagaimanapun, seorang ibu akan memberikan yang terbaik untuk bayi mereka. Intinya, hanya ibu yang tahu, apa yang terbaik untuk anak-anak mereka. Jadi, jangan mempertanyakan hal-hal yang sudah jelas jawabannya.  

Berat badan Anda naik berapa?

Jangan pernah menyinggung berat badan pada perempuan hamil karena mereka akan menjadi sangat sensitif. Kenaikan berat badan ketika sedang hamil terjadi karena asupan makanan yang lebih banyak untuk nutrisi jabang bayi dalam kandungan.  

Anda tetap berolahraga, apakah aman untuk bayi Anda?

Banyak yang bilang kalau perempuan hamil tidak dianjurkan untuk berolahraga. Padahal, kini sudah banyak jenis olahraga khusus perempuan yang tengah mengandung. Jadi,mereka tahu betul olahraga mana yang baik dan tidak untuk kandungan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com