Kompas.com - 08/01/2014, 09:14 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Ibu hamil (bumil) biasanya menerima banyak info, baik itu memang masukan berharga maupun mitos-mitos yang tidak bisa dipercaya. Meski informasi semakin mudah didapat, ternyata masih banyak orang di sekitar Anda yang menyebarkan mitos. Pilih-pilih dulu mana yang patut dipercaya dan mana yang sekadar omong kosong.

1. Mitos: Kalau tidak ingin si kecil bermata juling sebaiknya jangan memakai sepatu high heels.
Fakta: Tentu saja ini adalah mitos. Tidak ada hubungannya antara sepatu yang dipakai di kaki dengan mata anak. Biasanya bumil justru menghindari sepatu hak tinggi karena membuat mereka mudah lelah dan berbahaya untuk keselamatannya.

2. Mitos: Bumil tidak boleh mandi karena bakteri dalam air bisa meresap ke dalam tubuh dan menyakiti bayi.
Fakta: Tidak benar. Tubuh tidak bekerja dengan cara yang sesederhana ini. Tubuh bukanlah kertas yang mudah menyerap dan diresapi air. Hanya, dokter merekomendasikan agar bumil sering-sering mandi dengan air hangat agar lebih nyaman dan mengurangi timbunan bakteri berbahaya. Selain itu, apa jadinya kalau bumil tidak mandi selama sembilan bulan?

3. Mitos: Perut yang membesar ke atas berarti si kecil berjenis kelamin perempuan, sedangkan perut yang membesar ke depan berarti laki-laki.
Fakta: Mitos! Perbedaan ukuran perut ini dipengaruhi oleh otot uterus (rahim) dan juga posisi bayi, bukan jenis kelaminnya.

4. Mitos: Menyusui adalah cara terbaik untuk mencegah kehamilan.
Fakta: Bisa ya, bisa tidak. Karena kemungkinan seorang ibu menyusui biasanya memiliki tingkat ovulasi yang lebih rendah dibanding yang tidak. Namun, pasca-melahirkan, ibu bisa kapan saja berovulasi dan bisa juga menyebabkan kehamilan.

5. Mitos: Bumil sering melingkarkan tangan ke atas kepala (menuju ke telinga) akan menyebabkan bayi terlilit tali pusar.
Fakta: Tidak benar. Jangan takut untuk bergerak lebih aktif saat sedang hamil, termasuk menggerakkan tangan ke atas kepala. Bayi Anda tidak akan terancam bahaya kok hanya karena Anda mengangkat tangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber yourtango
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.