Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2014, 09:59 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber WomansDay

Kompas.com - Tak bisa dipungkiri, belanja secara online memang lebih praktis, nyaman, dan cepat. Tetapi benarkah belanja di dunia maya lebih murah? Tak selalu.
Namun ada beberapa produk barang yang memang lebih murah jika kita membelinya secara online.

1. Tiket konser dan pertandingan
Entah untuk menonton tim olahraga favorit atau band idola, cobalah untuk mencari tiketnya secara online. "Keuntungan terbesarnya adalah Anda tidak perlu datang ke lokasi penjualan tiket dan mengantri," kata Andrew Schrage, pakar konsumen.

2. Buku
Memang ada banyak orang yang lebih suka datang ke toko buku dan membaca sekilas isi buku dari rak. Namun membuka situs belanja online merupakan cara yang efektif untuk membeli buku, terutama buku-buku dari penerbit luar negeri. Beberapa situs bahkan menawarkan potongan harga cukup besar.

Mengunduh buku dan membacanya di tablet juga biasanya lebih murah.  Bukan hanya itu, cukup banyak situs yang menawarkan buku untuk diunduh secara gratis, salah satunya adalah openlibrary.org yang memiliki 3000 judul buku gratis.

3. Tiket pesawat dan hotel
Saat ini semakin banyak maskapai penerbangan yang menjual tiketnya secara online untuk menekan harga. Bahkan Anda juga mendapatkan tiket dengan harga sangat murah pada musim-musim diskon. Demikian juga dengan mencari hotel. Dengan sekali "klik" kita bisa mencari ribuan jenis kamar dan fasilitas hotel yang tersedia. Keuntungan lain dari belanja online adalah bisa membandingkan harga yang paling murah.

4. Elektronik
Selain tidak perlu bermacet-macet untuk mencapai toko dan mencari parkir, dengan berbelanja online Anda juga bisa dengan mudah membandingkan fitur setiap produk. Manfaatkan juga program diskon yang sedang ditawarkan.

5. DVD
Tidak semua film-film bermutu ditayangkan di bioskop. Kalau sudah begini Anda perlu bergerilya mencari DVD film tersebut. Tetapi hilangkan keinginan untuk mengunduhnya atau membeli DVD bajakan. Anda bisa browsing di eBay dan Amazon untuk mendapatkan film-film berkualitas dengan harga "miring".

6. Musik
Kini kita bisa membeli hanya satu lagu yang sedang jadi favorit. Tentu lebih hemat ketimbang harus membeli satu album jika Anda memang tidak menyukai band atau penyanyi tersebut. Ingin lebih hemat lagi? Cek beberapa situs yang menawarkan lagu-lagu secara gratis meski kualitasnya sedikit lebih rendah ketimbang jika kita membayarnya.

7. Software komputer
Produk yang sama yang kita beli di toko seringkali lebih murah, bahkan gratis jika kita mencarinya di internet.

8. Busana dan sepatu bermerek
Ingin memakai busana rancangan desainer dengan harga murah? Cek situs seperti Ideeli.com, Overstoock.com, atau ASOS.com. Koleksinya terkadang memang bukan musim teranyar dan pilihan warnanya terbatas, tetapi harganya ramah di kantong dan kualitasnya tak kalah dengan membeli di butik.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WomansDay
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com