Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2014, 13:38 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com -
Mungkin tak ada yang bisa memisahkan perempuan dari sepatu hak tingginya, termasuk kehamilan. Sekalipun memakai sepatu hak tinggi ini termasuk berbahaya, namun masih banyak bumil yang nekat memakainya demi menjaga penampilan.

Beberapa selebriti yang terlihat hobi memakai sepatu bertumit tinggi antara lain Kate Middleton, Victoria Beckham dan Kim Kardashian. Mereka masih nekat memakai high heels meski kehamilannya tampak semakin besar.

Para ahli mengungkapkan bahwa sebenarnya tak ada alasan medis (atau risiko keguguran) yang mencegah bumil menggunakan sepatu hak tinggi. Hanya saja, memaksakan diri memakai sepatu high heels dapat membuat kaki sakit dan tidak nyaman. Apalagi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan biasanya seluruh bagian tubuh ikut membesar, terutama kaki.

Di trimester kedua kehamilan, produksi hormon relaksin akan meningkat. Hormon ini membantu mengendurkan ligamen di panggul (jaringan berbentuk pita yang tersusun dari serabut-serabut otot untuk mengikat tulang dalam tubuh). Ligamen yang mengendur ini akan membantu bayi melewati panggul dengan lebih mudah.

Jika Anda memakai sepatu hak tinggi selama periode tersebut, Anda akan mengalami nyeri punggung dan otot betis mengencang karena semua minyak sendi yang berguna untuk mengendurkan ligamen ini sudah dialihkan ke panggul. Bumil juga berisiko untuk mengalami kram kaki yang menyakitkan.

High heels juga akan memengaruhi postur tubuh bumil. Panggul Anda bisa miring dan menonjol ke depan sehingga membuat tulang punggung melengkung ke depan. Postur ini akan membuat posisi tubuh bumil tak nyaman untuk berjalan.

Masalah lain akibat memakai sepatu hak tinggi selama hamil ini juga biasanya akan muncul setelah melahirkan. Selama hamil, tulang-tulang pinggul ini terdorong ke atas untuk menopang berat bayi dalam kandungan. Selain itu tulang belakang pun terdorong ke depan karena perut yang semakin berat.

Setelah melahirkan, di mana seharusnya proporsi dan postur tubuh kembali seperti semula, pinggul bawah Anda justru akan lebih menonjol besar karena konsisten menggunakan high heels selama hamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com