Kompas.com - 10/01/2014, 13:38 WIB
Kim K dan Kate Middleton BOLDSKYKim K dan Kate Middleton
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Mungkin tak ada yang bisa memisahkan perempuan dari sepatu hak tingginya, termasuk kehamilan. Sekalipun memakai sepatu hak tinggi ini termasuk berbahaya, namun masih banyak bumil yang nekat memakainya demi menjaga penampilan.

Beberapa selebriti yang terlihat hobi memakai sepatu bertumit tinggi antara lain Kate Middleton, Victoria Beckham dan Kim Kardashian. Mereka masih nekat memakai high heels meski kehamilannya tampak semakin besar.

Para ahli mengungkapkan bahwa sebenarnya tak ada alasan medis (atau risiko keguguran) yang mencegah bumil menggunakan sepatu hak tinggi. Hanya saja, memaksakan diri memakai sepatu high heels dapat membuat kaki sakit dan tidak nyaman. Apalagi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan biasanya seluruh bagian tubuh ikut membesar, terutama kaki.

Di trimester kedua kehamilan, produksi hormon relaksin akan meningkat. Hormon ini membantu mengendurkan ligamen di panggul (jaringan berbentuk pita yang tersusun dari serabut-serabut otot untuk mengikat tulang dalam tubuh). Ligamen yang mengendur ini akan membantu bayi melewati panggul dengan lebih mudah.

Jika Anda memakai sepatu hak tinggi selama periode tersebut, Anda akan mengalami nyeri punggung dan otot betis mengencang karena semua minyak sendi yang berguna untuk mengendurkan ligamen ini sudah dialihkan ke panggul. Bumil juga berisiko untuk mengalami kram kaki yang menyakitkan.

High heels juga akan memengaruhi postur tubuh bumil. Panggul Anda bisa miring dan menonjol ke depan sehingga membuat tulang punggung melengkung ke depan. Postur ini akan membuat posisi tubuh bumil tak nyaman untuk berjalan.

Masalah lain akibat memakai sepatu hak tinggi selama hamil ini juga biasanya akan muncul setelah melahirkan. Selama hamil, tulang-tulang pinggul ini terdorong ke atas untuk menopang berat bayi dalam kandungan. Selain itu tulang belakang pun terdorong ke depan karena perut yang semakin berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah melahirkan, di mana seharusnya proporsi dan postur tubuh kembali seperti semula, pinggul bawah Anda justru akan lebih menonjol besar karena konsisten menggunakan high heels selama hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Boldsky
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.