Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi “Kecelakaan” Saat Mencabut Alis Mata

Kompas.com - 14/01/2014, 10:43 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Mungkin Anda pernah mengalami insiden kecil saat mencabut alis mata, karena terlalu bersemangat, akibatnya jadi terlalu tipis dan bahkan nyaris gundul. Duh... bagaimana ini?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah “cuti” mencabut rambut alis dulu, setidaknya selama lebih kurang tiga minggu hingga sebulan. Bila ada yang “keluar jalur”, untuk sementara, rapikan saja bagian yang tumbuh di bagian bawah garis alis.

Menurut Anastasia Soare, Pakar Kecantikan Spesialis Alis Mata di Los Angeles, seperti dikutip dari SHAPE, “Pensil alis lebih mudah digunakan daripada bentuk bubuk dan lebih maksimal untuk menutup bagian yang terlalu tipis hingga nyaris gundul tersebut. Jangan salah pilih warna, gunakan warna pensil yang sesuai dengan warna rambut alis dan goreskan dengan gerakan tangan seperti sedang menggambar garis pendek-pendek. Cari produk yang lembut, sehingga bisa juga diguankan sebagai eye liner. Apabila alis mata tidak tumbuh kembali dalam jangka waktu enam bulan, ini tanda telah terjadi iritasi yang serius, sebaiknya segera kunjungi dermatologis,”

Lebih lanjut Jeffrey Dowver, M.D., Profesor Klinis Dermatologi di Yale School of Medicine, mengutarakan bahwa, kebiasaan terlalu sering mencabut alis, bisa menyebabkan kerusakan folikel dan menyebabkannya untuk sementara tidak mampu memproduksi rambut.  

Apabila masalah Anda seperti yang terurai di atas, maka kemungkinan dokter akan memberikan Anda resep krim steroid yang jika diaplikasikan dua kali dalam satu hari, bisa merangsang pertumbuhan dalam waktu tiga minggu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com