Kompas.com - 18/01/2014, 13:46 WIB
/Gaun Cheongsam rancangan Sebastian Gunawan. KOMPAS.com/Vitalis Yogi Trisna/Gaun Cheongsam rancangan Sebastian Gunawan.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kehidupan mewah para bangsawan Prancis, terutama di era Rococo di mana Louis XV yang sangat menggemari kebudayaan Cina yang bernilai seni tinggi, adalah visualisasi yang memberi inspirasi Sebastian Gunawan kala mendesain sederet gaun cheongsam cantik.

Sebastian, atau lebih dikenal dengan nama Seba, menghadirkan lebih dari 50 gaun cheongsam untuk menyambut Imlek, dalam peragaan busana bertajuk "Le Jardin Chinois" yang berarti taman bunga China di Hotel Mulia Senayan, Jumat (17/1/14).

Gaun cheongsam atau sering disebut juga "Shanghai dress" yang didesain Seba  tidak lagi konvensional tetapi sudah mendapat sentuhan gaya Eropa.

"Gaya Eropa pada cheongsam ini bisa dilihat pada bagian bawah dress yang bergaya Victoria. Sangat Eropa," kata Seba dalam konferensi pers sebelum peragaan busana.

Kemewahan Eropa juga diwakili oleh pemilihan kain damask. Sementara itu cita rasa China bisa kita lihat pada kerah tinggi atau kerah Shanghai, serta potongan pas badan namun dengan siluet yang lebih modern.

Seba juga tak cuma menyajikan cheongsam berbentuk gaun terusan lurus yang ketat dengan belahan di samping. Ia juga menghadirkan cheongsam dengan bagian bawah gaun yang dibuat mekar, mengombinasikan bahan brokat, memberi efek draperi, origami, serta gaya peplum.

KOMPAS.com/Vitalis Yogi Trisna /Koleksi cheongsam dari Sebastian Gunawan

Kesan mewah dan glamor juga dihadirkan lewat penggunaan kerah yang dibuat dari untaian manik-manik berwarna hitam. Warna-warna oriental yang cerah hingga warna pastel lembut menjadikan cheongsam ini semakin modern dan elegan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesan modern dalam gaun-gaun cheongsam ini membuat kita bahkan bisa memakai gaun ini untuk berbagai kesempatan.

Dalam 5 tahun terakhir ini Seba memang secara rutin mengeluarkan koleksi busana cheongsam untuk menandai perayaan tahun baru China atau Imlek. Tahun ini, untuk kedua kalinya Seba bekerja sama dengan majalah Instyle Indonesia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.