Kompas.com - 19/01/2014, 16:26 WIB
Ilustrasi dompet SHUTTERSTOCKIlustrasi dompet
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Entah kenapa, adakalanya seorang perempuan membutuhkan waktu yang terlalu lama ketika membayar di depan kasir. Hal seperti ini bisa sangat menyebalkan, apalagi jika barang yang Anda beli tidak banyak dan sedang menunggu di belakangnya.

Agar tidak menjadi sasaran umpatan pengunjung di pusat belanja, coba atur kembali isi dompet untuk memudahkan untuk menemukan uang dan kartu yang diperlukan. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi hal itu, dikutip dari StyleCaster.

Sisakan ruang untuk kertas tagihan belanja

Biasanya setiap berbelanja, kasir menyerahkan struk sebagai bukti belanja. Umumnya, perempuan menyimpannya bersama dengan uang kembalian yang disimpan dalam dompet. Alhasil, dompet perempuan jadi "menggemuk" bukan berisi barisan uang tunai, melainkan karena  tumpukan struk belanja.

Oleh karenanya, agar dompet terlihat rapi dan memudahkan Anda saat mengambil uang, sisakan satu ruang khusus di dalam dompet untuk menyimpan struk belanja.

Bawa kartu-kartu yang penting

Coba periksa kembali, mana kartu yang harus Anda bawa dalam dompet setiap waktu dan mana yang tidak. Hentikan kebiasaan membawa semua kartu dan menyesaki dompet karena hanya akan membuatnya jadi berat.

Beberapa kartu yang wajib Anda bawa setiap hari meliputi SIM, KTP, ATM, kartu kredit, dan kartu asuransi kesehatan. Untuk jenis lainnya, seperti kartu diskon, kartu member salon atau spa, dan sebagainya, sebaiknya disimpan saja di rumah. Kelak ketika Anda akan berbelanja dan mengunjungi salon, barulah semua kartu tersebut dibawa.

Manfaatkan kecanggihan teknologi

Pada zaman serba digital seperti sekarang ini, hampir sebagian besar perusahaan atau bank sudah mengeluarkan produk yang dikenal dengan istilah e-money. Produk tersebut berfungsi seperti uang tunai dalam pembayaran saat berbelanja dan keperluan lainnya. Jadi, Anda tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai di dalam dompet. Mudah bukan?

Hindari uang koin

Menaruh uang koin di dompet hanya akan membuatnya bertambah berat. Namun, jika dompet Anda memiliki ruang khusus untuk menaruh uang koin, maka tempatkan uang recehan tersebut di bagian yang telah disediakan. Akan tetapi, jika dompet Anda tidak memiliki tempat untuk koin, lebih baik taruhlah di dompet lain yang khusus untuk uang logam.

Coba praktikkan tips seperti yang terurai di atas karena dengan begitu, Anda jadi lebih mudah menjaga kerapihan dompet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.