Kompas.com - 21/01/2014, 14:42 WIB
Mendapatkan tubuh langsing tanpa diet itu mudah kok. ShutterstockMendapatkan tubuh langsing tanpa diet itu mudah kok.
|
EditorLusia Kus Anna


Kompas.com -
Memiliki tubuh langsing menjadi obsesi sebagian besar wanita. Tak heran jika dalam hidupnya rata-rata seorang wanita pernah mencoba 16 metode diet yang berbeda.

Dari belasan metode diet tersebut, jika ditotal maka sebenarnya seorang wanita akan mengalami penurunan berat badan sampai 31 kilogram.

Demikian menurut sebuah survei yang dilakukan terhadap 1.000 wanita mengenai upaya pelangsingan berat badan. Hasil survei ini juga mengungkapkan, metode diet yang dicoba tersebut rata-rata cuma bertahan selama sebulan. Berat badan yang berhasil diturunkan sekitar 2 - 3 kilogram.

Meski begitu, ternyata 27 persen responden mengatakan mereka langsung menghentikan diet yang sedang dicoba setelah satu minggu. Salah satu alasannya adalah karena merasa tidak kuat, bosan, dan dietnya berantakan gara-gara pergi dengan teman.

Sementara itu alasan utama para wanita untuk mencoba diet adalah karena merasa tidak puas dengan bentuk tubuhnya. Selain itu cukup banyak juga yang menjawab bahwa diet membuat mereka merasa seksi, atau ingin langsing karena ingin tampil menarik di musim panas.
Hanya satu persen responden yang mengaku mereka berdiet untuk menyenangkan pasangan mereka.

Sebagian besar wanita mengatakan diet merupakan cara yang efektif untuk langsing, hampir 71 persen mengatakan diet yang mereka coba berhasil.

Selain diet, setengah dari responden mengatakan perubahan gaya hidup seperti menghindari makanan dan minuman tidak sehat, adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Setelah diet yang dilakukan berhasil mengurangi berat badan, 85 persen wanita mengaku melanjutkannya dengan melakukan penghitungan kalori.

Bertambahnya usia juga membuat para wanita tertarik untuk mencoba lebih banyak metode diet. Rata-rata wanita mulai berdiet di usia 17 tahun, masa ketika mereka merasa berat badan berlebih adalah masalah.

Di usia 20 tahun rata-rata wanita pernah melakukan diet 4 kali, dan bertambah 5 kali di usia 30 tahun, dan 6 kali saat berusia 40 tahun.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.