Kompas.com - 21/01/2014, 16:38 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Jika ditanya apakah Anda berbahagia? Apakah yang akan Anda katakan? Bahagia tetapi masih belum maksimal, atau Anda akan bahagia jika sudah mencapai target-target besar dalam hidup.

Banyak faktor yang memengaruhi emosi kita dan kebanyakan memang bisa menurunkan kemampuan kita berpikir positif. Berikut adalah beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa hidup Anda memang benar telah bahagia.

1. Ingin berbagi kebahagiaan
Saat Anda bahagia, Anda pasti juga ingin orang lain merasa bahagia. Berbagi kebahagiaan kepada orang lain juga akan membuat perasaan positif ini terus ada. Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa bersikap baik kepada orang lain akan meningkatkan level kebahagiaan.

2. Tak terganggu hal kecil
Ketinggalan kereta? Kopi yang Anda pesan kurang manis? Itu semua bukan masalah. Jika kita fokus pada apa yang penting dan tidak terpengaruh oleh hal-hal minor yang mengganggu, mungkin ini adalah tanda Anda sudah berada di jalur yang benar.

Orang yang bahagia tidak mengingkari emosi mereka pernah ada di atas atau di bawah, tetapi dengan mengarahkan konsentrasi pada hal-hal benar dan bukannya pada apa yang salah, Anda akan merasa tetap merasa nyaman bahkan di situasi yang negatif sekalipun.

3. Menghargai hal sederhana
Tak ada yang lebih menyenangkan selain mendengarkan lagu favorit di radio atau duduk di taman sambil melihat hijaunya pepohonan. Hal-hal sederhana semacam ini membuat Anda tersadar, tersenyum dan bersyukur.

4. Bangga dengan kesuksesan orang lain
Saat Anda bahagia, Anda bukan cuma bersuka cita atas keberhasilan yang sudah diraih, tapi juga saat melihat kesuksesan orang lain. Kita tidak akan merasa terintimidasi atau iri melihat orang lain berhasil. Ikut berbahagia saat melihat orang lain bahagia akan memperbesar peluang kita untuk merasakan kebahagiaan dalam hidup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Hidup sadar
Orang yang bahagia tahu bahwa hidup sadar, hidup pada saat ini adalah kunci untuk memiliki watak yang positif. Terlalu terpaku pada masa lalu dan cemas berlebihan pada masa depan akan mengurangi rasa bahagia. Karena itu cobalah untuk fokus pada setiap momen yang sedang Anda alami.

6. Memiliki hubungan yang sehat
Sebagai individu yang bahagia, Anda tahu bahwa orang, bukan benda dan hal yang melekat, adalah apa yang penting. Menjalin hubungan yang sehat dengan pasangan, anak, keluarga, dan teman-teman, akan membuat hidup Anda lebih utuh dan bahagia.

7. Bisa menenangkan diri
Menjaga agar level stres tetap minimal adalah kunci memiliki hidup yang sehat dan bahagia. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengenali stres dan penyebabnya, kemudian cobalah melihat segala sesuatu secara positif. Asah kemampuan ini dengan melakukan meditasi atau mengambil jeda sejenak.

8. Mudah berteman
Setiap orang tentu berusaha untuk berinteraksi dengan orang-orang yang membuat perasaan mereka nyaman. Karena itu jika Anda mudah mendapat teman, berarti orang lain melihat Anda sebagai orang yang menyenangkan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.