Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Kosmetik yang Berbeda pada Siang dan Malam

Kompas.com - 24/01/2014, 11:58 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber New Beauty

Kompas.com - Tentu bukan tanpa alasan jika ada produk kosmetik yang diperuntukkan dipakai di siang hari dan malam hari. Selain bahan yang digunakan tidak sama, efeknya pada kulit juga berbeda.

Waktu yang tepat saat menggunakan sebuah produk perawatan kulit ternyata memang berpengaruh besar pada hasil yang diinginkan.

"Ritme sirkadian sudah sejak lama diteliti para ahli dermatologi karena memang ada perbedaan pada kulit antara siang dan malam hari," kata Jeannette Graf, dermatologi.

Ia menjelaskan, fungsi dari produk yang dipakai di siang hari adalah untuk memberi perlindungan karena produksi sebum mencapai puncaknya pada siang dan sore hari.

"Malam hari beda lagi. Mikro sirkulasi akan meningkat dan kulit mengeluarkan banyak kelembaban sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pembaharuan," katanya.

Selain produk yang memang sudah memiliki label sebagai krim siang dan malam berdasarkan fungsinya, tetapi ada hal lain yang perlu kita ketahui berkaitan dengan perawatan kulit sesuai waktunya.

Misalnya, jangan melakukan pengelupasan kulit di pagi hari, masa dimana kulit butuh perlindungan. Oleh karena itu produk yang mengandung retinol dan produk lain yang berfungsi untuk meregenerasi seharusnya dipakai saat malam hari. Retinol yang dipakai di pagi hari juga akan rusak terkena sinar ultraviolet.

Penggunaan antioksidan juga jangan keliru. Meski biasanya kita memakai produk yang mengandung vitamin A dan C di pagi hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi produk seperti ini juga perlu dipakai pada malam hari.

Jika kita memakai produk mengandung antioksidan di siang hari dan terpapar sinar matahari, antioksidannya bisa rusak.

"Sebaiknya kita juga memilih produk krim malam yang mengandung antioksidan. Gunanya agar di malam hari kita bisa melawan radikal bebas dan merangsang pertumbuhan sel," kata Neal Schultz, dermatologi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber New Beauty
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com