Kompas.com - 27/01/2014, 13:22 WIB
ilustrasi thinkstock.comilustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Melewatkan waktu berduaan dengan orang yang dicintai memang sangat menyenangkan. Sebuah hubungan baru berarti banyak cinta, tawa, dan senyum. Namun, ironisnya ternyata semua itu juga memengaruhi penambahan lingkar pinggang Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh UKMedix.com, rata-rata perempuan mengalami kenaikan bobot tubuh sekitar 3,2 kg setelah pacaran. Apa alasannya? Hampir 50 persen perempuan menyalahkan pola makan pasangan yang buruk sebagai alasan untuk kenaikan berat badan mereka.

Namun, jangan buru-buru menyalahkan kekasih karena belum tentu pola makan mereka yang bikin Anda gemuk. Buktinya, para peneliti juga meneliti para pria dalam kondisi yang sama. Hasilnya, pria justru kehilangan berat badannya sekitar 1,8 kg setelah pacaran.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa ternyata kenaikan berat badan tersebut dipengaruhi oleh cara berpikir seseorang. Cara berpikir perempuan tentang tubuhnya cenderung terbalik. Saat kurus, mereka berpikir kalau tubuhnya gemuk, dan sebaliknya (khususnya pada saat mereka bahagia). Ketika merasa bahagia dengan hubungan percintaan barunya, perempuan sering kali "buta" dengan kondisi tubuhnya.

"Kerangka berpikir perempuan memiliki dampak besar pada berat badan. Sangat menarik melihat seperti apa efek kebahagiaan untuk berat badan kita. Tampaknya, kebahagiaan memiliki efek untuk meningkatkan berat badan dan ketidakbahagiaan akan menyebabkan penurunan berat badan," ungkap Sarah Bailey, salah satu peneliti.

Ia menambahkan bahwa menjadi nyaman dalam kehidupan cinta akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang dalam banyak hal. Secara tak langsung, hal ini akan berpotensi meningkatkan berat badan Anda.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.