Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2014, 08:43 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber dailymail

Kompas.com - Bosan dengan pola diet yang itu-itu saja? Mungkin ini saatnya untuk mencoba pengaturan makan berdasarkan fase bulan. Metode diet "werewolf" ini belakangan menjadi tren dan diklaim menurunkan berat badan secara cepat.

Diet Werewolf atau disebut juga dengan Lunar Diet didasarkan pada ide bahwa bulan berpengaruh pada air dalam tubuh, sama seperti pengaruhnya pada laut. Dengan memanfaatkan pengaruh tersebut kita bisa menurunkan berat badan.

Beberapa selebriti seperti Demi Moore dan Madonna dikabarkan juga mengikuti diet ini. Bahkan sebagian pelaku diet ini mengklaim berat badan mereka berkurang sampai 2,7 kilogram dalam 24 jam.

Walau ada beberapa variasi, tapi pada dasarnya diet fase bulan ini dilakukan dengan mengganti makanan dengan makanan cair seperti jus atau air putih untuk beberapa hari dalam sebulan. Makanan cair itu harus dikonsumsi pada saat bulan purnama atau saat bulan baru.

Para penggemar diet ini mengklaim bulan memiliki pengaruh gravitasi yang sama pada air dalam tubuh seperti halnya pada laut. Karena itu tarikan tersebut paling besar terjadi pada saat bulan purnama dan bulan baru.

Nah, jika kita hanya mengonsumsi cairan pada saat ini maka pengaruh gravitasi akan menarik seluruh toksin keluar dari tubuh sehingga berat badan ikut berkurang. Sebagian juga mengklaim fase bulan ikut berpengaruh pada mood seseorang sehingga jika kita berpuasa pada saat tersebut akan lebih efektif.

"Mengonsumsi lebih banyak cairan pada fase bulan akan meningkatkan pengaruh bulan, merangsang aktivitas saluran kencing dan membuang lebih banyak toksin. Proses pembuangan ini penting karena banyak toksin bertumpuk di tubuh akibat pola makan tidak sehat dan sistem pencernaan buruk," tulis salah satu penjelasan di situs Moon Connection.

Sebagian besar situs-situs mengenai diet lunar ini menyarankan agar diet ini dilakukan untuk satu sampai tiga hari pada satu waktu.

Meski begitu efektivitas diet ini masih diragukan para pakar nutrisi.

"Jika memang ada pengaruh gravitasi bulan pada tubuh untuk mengurangi kadar air, namun pengaruhnya sementara. Lagi pula jika ingin lebih langsing yang ditargetkan adalah lemak tubuh bukan kadar air," kata Jeanette Crosland, juru bicara British Dietetic Association.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com