Kompas.com - 30/01/2014, 08:29 WIB
Rencanakan kehamilan sehat sejak awal. ShutterstockRencanakan kehamilan sehat sejak awal.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Berbagai mitos yang dianggap bisa meningkatkan peluang kehamilan masih dipercaya sebagian besar pasangan suami istri. Termasuk salah satunya adalah mitos untuk bercinta lebih dari sekali dalam satu hari agar cepat hamil.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility & Sterility, hampir 50 persen wanita di Amerika yakin jika ingin cepat hamil mereka harus bercinta sering-sering.

Selain itu, dua pertiga wanita yang disurvei mengatakan mereka percaya posisi tertentu saat bercinta akan meningkatkan peluang hamil.

Survei tersebut dilakukan terhadap 1.000 wanita berusia 18-40 tahun di seluruh AS. Sebanyak 80 persen responden mengatakan mereka aktif secara seksual.

Selain percaya mitos, ternyata hampir 20 persen responden mengaku tidak tahu efek buruk penuaan dan obesitas terhadap fungsi reproduksi. Namun 30 persen wanita menjawab memahami pengaruh penyakit menular seksual terhadap kesuburan.

"Ini cukup mengejutkan karena di negara maju seperti AS, masih banyak wanita yang belum paham pengetahuan dasar seputar reproduksi," kata Dr.Lubna Pal, dokter bidang obstetri dan ginekologi dari Yale University.

Meski tidak memiliki informasi yang benar mengenai kesuburan, namun separuh dari wanita mengaku tidak pernah bertanya pada dokter mengenai kesehatan reproduksi mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka juga tidak menggunakan alat kontrasepsi meski tidak berencana hamil. Dari 77 persen yang memakai alat kontrasepsi, mayoritas memilih kontrasepsi hormonal untuk mencegah kehamilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.