Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2014, 08:29 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber dailymail

Kompas.com - Berbagai mitos yang dianggap bisa meningkatkan peluang kehamilan masih dipercaya sebagian besar pasangan suami istri. Termasuk salah satunya adalah mitos untuk bercinta lebih dari sekali dalam satu hari agar cepat hamil.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility & Sterility, hampir 50 persen wanita di Amerika yakin jika ingin cepat hamil mereka harus bercinta sering-sering.

Selain itu, dua pertiga wanita yang disurvei mengatakan mereka percaya posisi tertentu saat bercinta akan meningkatkan peluang hamil.

Survei tersebut dilakukan terhadap 1.000 wanita berusia 18-40 tahun di seluruh AS. Sebanyak 80 persen responden mengatakan mereka aktif secara seksual.

Selain percaya mitos, ternyata hampir 20 persen responden mengaku tidak tahu efek buruk penuaan dan obesitas terhadap fungsi reproduksi. Namun 30 persen wanita menjawab memahami pengaruh penyakit menular seksual terhadap kesuburan.

"Ini cukup mengejutkan karena di negara maju seperti AS, masih banyak wanita yang belum paham pengetahuan dasar seputar reproduksi," kata Dr.Lubna Pal, dokter bidang obstetri dan ginekologi dari Yale University.

Meski tidak memiliki informasi yang benar mengenai kesuburan, namun separuh dari wanita mengaku tidak pernah bertanya pada dokter mengenai kesehatan reproduksi mereka.

Mereka juga tidak menggunakan alat kontrasepsi meski tidak berencana hamil. Dari 77 persen yang memakai alat kontrasepsi, mayoritas memilih kontrasepsi hormonal untuk mencegah kehamilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com