Kompas.com - 30/01/2014, 15:50 WIB
/Cheongsam yang didesain para desainer Google/Cheongsam yang didesain para desainer
|
EditorLusia Kus Anna


Kompas.com -
Gaun tradisional China yang disebut cheongsam biasanya hanya kita ingat menjelang perayaan Imlek saja. Padahal, cheongsam atau qipao ini sudah semakin mendunia, bahkan para selebriti Hollywood tak segan memakainya untuk mendapat tampilan ramping dan seksi.

Cheongsam pada awalnya adalah gaun terusan dengan siluet lebar yang menutup seluruh badan, kecuali kepala, telapak tangan, dan jari kaki. Gaun ini juga aslinya memiliki leher tinggi dan tertutup.

Cheongsam banyak dipilih para perempuan China karena alasan ekonomi, yakni bisa dipakai dalam berbagai kesempatan, selain tentunya nyaman dipakai. Proses pembuatannya juga mudah dan tak memerlukan banyak material bahan karena tak memerlukan banyak aksesoris.

Di akhir tahun 1920-an, seiring berdatangannya warga Eropa dan Amerika ke Shanghai, desain cheongsam berubah menjadi lebih modern. Perempuan China, terutama dari kalangan kelas atas, membuat cheongsam menjadi pas di badan dan menjadi lebih pendek, hingga sedikit di bawah lutut. Untuk memudahkan si pemakainya berjalan, bagian bawah gaun diberi belahan pinggir.

Panjang lengan pun berubah, dari yang awalnya menutup hampir seluruh lengan menjadi sangat pendek, hanya sedikit di bawah bahu. Material busana dan warnanya juga semakin variatif.

KOMPAS.com/Vitalis Yogi Trisna /Gaun Cheongsam rancangan Sebastian Gunawan.

Siluet cheongsam yang ramping dan mengikuti bentuk tubuh juga membuat para bintang Hollywood jatuh cinta. Salah satu aktris yang tampak cantik memakai busana ini adalah Nicole Kidman, Madonna dan Kirsten Dunst. Tak ketinggalan, para desainer dari luar Asia juga memperlihatkan rancangan cheongsam dalam koleksinya, mulai dari Louis Vuitton, Marc Jacobs, sampai Ralp Lauren.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.