Kompas.com - 02/02/2014, 07:53 WIB
Ilustrasi makanan berserat ShutterstockIlustrasi makanan berserat
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Liburan akhir pekan adalah saat yang tepat untuk memanjakan keluarga. Tak perlu harus selalu merogoh kocek terlalu dalam untuk membahagiakan keluarga tersayang, yang diperlukan sedikit lebih kreatif dalam mengolah makanan untuk mereka. Mulailah dengan menyiapkan sarapan istimewa. 

Ribet? Tidak terlalu kok, olahan sereal sederhana hasil kreasi sendiri dan lezat pasti bisa membuat anak-anak dan suami tercinta tersenyum menggemaskan pagi ini. Berikut beberapa alternatif kreasi sarapan berbahan dasar sereal, dengan teknik memasak yang terbilang mudah. Mari disimak!

1. Mac n Cheese sereal
Punya makaroni pasta dan saus keju? Anda bisa mengolahnya menjadi makaroni panggang keju. Agar jadi lebih renyah dan nikmat, taburkan remahan sereal gurih yang sudah dihancurkan (jangan terlalu lembut). Selain itu, keju parut juga akan membuat rasanya jadi lebih mantap dan unik. Kemudian panggang beberapa saat hingga matang.

2. Pie 
Boleh juga lho membuat makanan penutup yang sedikit sophisticated saat akhir pekan. Kue berbasis cheesecake ini biasanya dibuat dengan crust (kulit) pie dari biskuit. Nah kali ini Anda bisa menggantinya dengan remahan sereal. Campurkan dua cup remahan sereal, kemudian tambahkan tiga sendok makan mentega tawar. Lalu padatkan, kemudian cetak di dalam loyang dan tambahkan krim keju di atasnya. 

3. Salad ayam
Mau yang sehat-sehat? Anda juga bisa mencampur sereal ini ke dalam salad. Anda bisa mengolah saus salad dengan cara memasak campuran yogurt atau cottage cheese dan sereal. Setelah semuanya menyatu, angkatlah sausnya dan campurkan dengan aneka sayuran salad. 

4. Muffin
Kalau tak ingin makan yang terlalu berat, sepotong muffin bisa mengenyangkan perut. Saat membuat muffin, Anda bisa mencampurnya dengan remahan sereal agar lebih renyah dan mengandung banyak serat. Agar muffing tidak terlalu kering dan terlalu padat saat dimakan, campurkan saja susu lebih banyak, mentega dan juga madu agar lebih padat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.