Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2014, 16:01 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang kaya akan mitos, terutama seputar perempuan hamil. Salah satunya adalah bercinta ketika masa kandungan memasuki fase akhir, kabarnya dapat mempercepat kelahiran.

Sebagai seorang istri dan calon mama yang tengah mengandung besar, pastinya Anda sudah tidak sabar lagi menimang buah cinta Anda dalam dekapan. Alhasil, Anda pun mempraktekkan berbagai mitos yang mujarab dalam mempercepat proses persalinan, beberapa di antaranya adalah bercinta dengan suami.

Menurut sebuah riset dari Ohio State University mengungkapkan bahwa, wanita yang aktif secara seksual saat hamil tua tidak melahirkan lebih cepat dari mereka yang “pantang”. Jika benar demikian, mengapa mitos ini begitu santer terdengar dan bahkan sejumlah pasangan telah membuktikan kebenarannya.

“Sperma pria mengandung sedikit prostaglandins, hormon yang merangsang kelahiran,” ujar Jonathan Schaffir, M.D., penulis riset. “Tapi jumlah cairan mani yang mungkin berhasil meluncur ke dalam vagina tidak akan memulai proses kelahiran.”

Jika Anda bersikeras untuk mencoba keabsahan dari mitos ini, Jonathan menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu pada dokter kandungan, tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada bayi Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com