Kompas.com - 04/02/2014, 14:52 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Tidak ada bayi yang lahir sudah memiliki kedisiplinan. Tugas orangtualah untuk mengajarkan anak-anak mereka pentingnya disiplin dalam hidup. Namun, diperlukan trik khusus karena disiplin tak berarti mendidik anak dengan keras atau sering menghukum si kecil.

Tak perlu terlalu stres saat anak melanggar beberapa aturan yang Anda buat. Sebab, pada dasarnya, anak kecil memang belum mengerti maksud dan tujuan dari aturan yang dibuat. Nah, daripada stres sendiri dan jadi melakukan berbagai hal buruk seperti memukul anak, ada kok cara yang lebih baik yang bisa dilakukan.

1. Dengarkan, bicara, dan jelaskan kepada anak
Anda tak boleh menutup telinga terhadap semua ucapan anak. Dengarkan perasaan mereka saat mereka mengutarakan perasaannya, seperti takut, sedih, marah, atau lainnya. Biarkan anak tahu bahwa Anda menyadari apa yang diucapkannya. Jika bisa mendengarkan mereka, Anda berdua akan menemukan solusi yang terbaik diterapkan.

Bicarakan kepada anak dan jelaskan apa sebenarnya tujuan dari hal-hal yang Anda lakukan. Misalnya, jangan langsung membuat batasan menonton televisi, tetapi sampaikan mengapa menonton televisi terlalu lama tidak baik bagi kesehatan atau mengapa tayangan kartun tertentu tidak boleh ditontonnya. Gunakan kata-kata, bukan tindakan.

2. Kenali lawan bicara
Karena mereka adalah anak Anda, kenalilah mereka sepenuhnya. Luangkan waktu untuk belajar tentang tahap perkembangan anak sehingga Anda memiliki harapan yang lebih realistis sesuai usianya. Dengan demikian, Anda juga akan menjadi orangtua yang lebih sabar saat mendidik anak.

3. Gunakan pendekatan yang baik untuk mendorong perilaku yang baik
Jangan segan memuji dan memberi penghargaan atas pencapaian anak. Namun, jangan juga berlebihan. Pahami juga bahwa menakut-nakuti anak agar mereka menurut biasanya tidak akan berdampak jangka panjang.

4. Beri contoh
Orangtua adalah role model terbaik anak-anaknya. Maka, jika Anda ingin anak-anak jadi lebih disiplin, berilah contoh nyata yang konsisten kepada mereka.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GALTime
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.