Kompas.com - 05/02/2014, 17:41 WIB
/Ilustrasi Shutterstock/Ilustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Anda pasti sudah pernah bertemu orang-orang yang "narsis". Bisa jadi itu adalah teman yang selalu membicarakan tentang dirinya, rekan kerja yang sering pamer gadget terbarunya, atau saudara yang selalu merasa lebih pintar dan sukses daripada orang lain.

Namun, terkadang tanda-tanda narsisisme tidak selalu jelas terlihat. Apalagi ada rentang yang cukup luas dalam narsisisme. "Kebanyakan orang berada di tengah-tengah, meski sebagian orang tanda-tandanya lebih ekstrem dibanding yang lain," kata W Keith Campbell, kepala departemen psikologi di Universitas Georgia, AS.

Nah, untuk mengenali tanda-tanda narsisisme yang bervariasi tersebut, simak penjelasan Campbell berikut ini:

- Karismatik dan mudah disukai
Orang narsis biasanya memiliki pesona tersendiri. Mereka juga biasanya tampil mengesankan dan karismatik saat menghadapi wawancara kerja.

"Bahkan ketika pertama bertemu mereka kesan kita sangat positif, tapi lambat laun setelah lama mengenalnya kesan kita terhadapnya jadi negatif. Tak heran jika banyak orang yang merekrut mereka tak percaya bagaimana orang tersebut bisa berbeda," kata Campbell.

- Banyak juga yang pemalu
Kita cenderung mengaitkan orang narsis dengan orang yang hobi menyanjung dirinya sendiri. Faktanya, cukup banyak orang pendiam dan pemalu yang sebenarnya narsis.

Menurut Zlatan Krizan, psikolog, ada dua tipe ekspresi orang narsis. Pertama adalah orang yang gemar menunjukkan dirinya dan orang yang pemalu. "Mereka memang tidak menonjol tapi sering membayangkan kapan masa itu tiba, masa di mana mereka mengalahkan orang lain," katanya.

- Ingin jadi pemimpin
Bukan berarti seorang pemimpin yang baik adalah narsis, tetapi orang narsis biasanya ingin berada di posisi depan. "Mereka tak selalu jadi pemimpin yang baik, tapi mereka ingin jadi pemimpin dan biasanya bisa mencapainya," kata Jean Twenge, profesor psikologi.

- Senang membicarakan dirinya
Anda dan teman mungkin pada awalnya sedang membicarakan tentang penyakit migrain yang sering Anda derita, tetapi entah bagaimana ia bisa membelokkan topik dan berganti jadi membicarakan mobil barunya.

- Senang barang mahal
Salah satu ciri utama orang yang narsis adalah ingin menunjukkan status ekonominya yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan membeli barang-barang mahal.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.