Kompas.com - 06/02/2014, 14:19 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
Kompas.com — Jerawat bukan cuma menyebabkan masalah saat ia memenuhi area kulit wajah, tetapi juga setelah sudah pergi. Jerawat bisa meninggalkan noda yang menggangu.

Menurut ahli kecantikan Nikos Narkissos, tak peduli sebanyak apa pun krim dan obat jerawat yang kita pakai, jika akar masalahnya belum diselesaikan maka jerawat akan terus muncul kembali.

Berikut beberapa saran yang ia berikan untuk menyingkirkan noda bekas jerawat di wajah.

Pakai terapi target
Cara terbaik untuk mencegah bekas jerawat adalah saat jerawat sedang dalam proses penyembuhan. Pilih obat yang tepat yang memang ditargetkan pada area jerawat. Produk yang mengandung AHA dan asam glikolik dan vitamin C sangat efektif untuk mengurangi terbentuknya jaringan parut pada bekas luka.

Hindari memencet
Meski rasanya tidak sabar untuk segera menghilangkan jerawat, tapi hindari memencet jerawat. Biarkan jerawat kempes dengan bantuan obat jerawat. Kebiasaan menyentuh jerawat, apalagi memencetnya hanya akan memperparah kondisi dan membuat bekas jerawat menjadi bopeng.

Lindungi dari matahari
Paparan sinar ultraviolet pada bekas jerawat dapat membuat area tersebut menjadi lebih hitam dan lebih jelas terlihat.

Atasi hiperpigmentasi
Gunakan produk yang memang ditujukan untuk mengatasi hiperpigmentasi penyebab warna kulit tidak merata. Produk ini biasanya adalah produk pencerah kulit.

Jangan menggunakan scrub berlebihan
Jaringan parut terjadi ketika Anda menggunakan scrub terlalu sering. Butiran kasar yang digunakan untuk menyingkirkan komedo justru akan mengiritasi jerawat dan menyebabkan jaringan parut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber idiva
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.