Kompas.com - 12/02/2014, 15:46 WIB
Kehamilan ShutterstockKehamilan
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Bayi sehat dan anak cerdas tidak lahir begitu saja, tetapi mengikuti desain yang dibuat orangtua dan para pendahulunya. Anda sebagai calon orangtua bisa menerapkan program Pregnancy by Design.

1. Diskusikan mengenai kapan akan memiliki momongan, juga mengenai peran Anda dan suami sebgai orangtua serta sikap-sikap pengasuhan yang sesuai dengan nilai atau norma yang disepakati bersama.

2. Rencanakan anggaran biaya perawatan kehamilan, persalinan, dan perawatan anak sesuai kemampuan.

3. Perbanyak informasi mengenai proses kehamilan, kelahiran, dan perawatan bayi dari sumber-sumber terpercaya. Dimulai dengan persiapan fisik yang sehat agar dihasilkan sperma dan telur yang berkualitas. Hal lain yang perlu diketahui adalah fungsi indung telur, proses pembuahan, proses kehamilan minggu per minggu, perubahan dan kejadian yang akan dialami perempuan selama kehamilan, kebutuhan gizi janin, dan lain sebagainya.

4. Setelah kehamilan terjadi, seusaikan aktivitas ibu agar kehamilan tidak terganggu. Jika kehamilan baik-baik saja, ibu dianjurkan tetap hidup aktif seperti biasa dan mengaktualisasikan diri sambil mengatur ritme biologis dan manajemen energi sesuai kondisi kehamilan.

5. Bila kelak ada permasalahan dalam rumah tangga atau keluarga, atau ranah lain yang memengaruhi psikis ibu, carilah jalan terbaik agar tekanan mental yang dialami tidak sampai memengaruhi kondisi janin.

6. Siapkan diri ibu dan ayah untuk rela menerima kondisi apa pun yang terjadi pada janin atau proses kehamilan. Ini penting, karena dalam hidup selalu ada faktor X yang berada di luar jangkauan. Apalagi dalam proses kehamilan dan melahirkan, banyak sekali kemungkinan terjadinya sesuatu di luar yang kita desain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.