Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2014, 12:42 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Membangkitkan semangat menjalani hari-hari Anda biasanya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menghirup aroma wewangian yang tepat. Penelitian bahkan mengungkapkan, aroma tertentu berpengaruh besar pada pola pikir yang akhirnya memengaruhi perilaku.

Aroma bunga pedas

Anda akan merasa lebih bersemangat dalam hitungan detik ketika mencium aroma wangi campuran berbagai bunga yang memiliki wangi pedas. Misalnya saja, wangi kayu manis ataupun campuran sedikit tembakau.

Jeruk bali

Salah satu penelitian mengatakan, aroma jeruk bali dapat membangkitkan perasaan muda dan bersemangat.

Aroma bunga

Aroma wangi bunga memang identik dengan sesuatu yang cantik. Tetapi, sebuah studi menunjukkan aroma campuran bunga-bungaan orang yang menghirup wewangian ini memiliki kemampuan belajar lebih cepat daripada mereka yang berada di ruangan tidak beraroma.

Melati

Wangi bunga melati diketahui dapat meningkatkan produktivitas dan daya fokus, serta mempercepat respons. Menghirup wangi melati juga akan membuat kita lebih optimistis.

Lavender

Wewangian ini mampu menurunkan tingkat kortisol dan hormon stres. Sejak zaman dahulu kala lavender sudah dipakai untuk meningkatkan relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com