Kompas.com - 17/02/2014, 12:34 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Tidak hanya jerawat di wajah yang membuat kita kesal, tapi juga jerawat pada punggung. Karena banyaknya jerawat di area ini, rencana memakai gaun berpunggung terbuka pun tak mungkin terlaksana.

Penyebab pasti jerawat yang memenuhi area tubuh belakang ini belum diketahui dengan pasti. Namun pemicunya bisa berbeda tergantung pada area jerawat tersebut berada.

Bila jerawat kecil tumbuh di sekitar leher dan pundak, biasanya penyebabnya adalah produk perawatan rambut yang tidak tepat. Jika jerawat kecil itu di dekat area tali bra, mungkin ini karena Anda kurang memperhatikan kebersihan pakaian dalam atau sudah saatnya Anda mengganti bra dengan yang baru.

Lantas, bagaimana jika jerawat membandel itu berjaya di seluruh area punggung? Bisa jadi ini karena produksi sebum yang meningkat sehingga Anda pun harus lebih memperhatikan kebersihan area tubuh ini.

Mulailah upaya perawatan area punggung ini dengan mengganti spons sabun secara berkala. Spons atau pembersih punggung yang lembab merupakan tempat favorit bakteri. Selain itu pilihlah sabun yang memang ditujukan untuk menghilangkan jerawat kecil, terutama sabun yang mengandung zat antibakteri.

Jika pemicu jerawat adalah produk perawatan rambut, sebaiknya sabuni dan basuh area punggung terakhir, setelah Anda menggunakan shampo.

Untuk mengurangi kelembaban, gunakan bahan pakaian yang ringan seperti katun dan linen. Selain itu gunakan tabir surya wajah pada tubuh karena produk ini memiliki tingkat perlindungan terhadap jerawat. Setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, segera mandi dan berganti pakaian.

Bukan hanya kebersihan pakaian yang perlu diperhatikan, ganti sprei dan sarung bantal secara berkala. Saat tidur gunakan pakaian tidur yang lembut sehingga tidak mengiritasi kulit dan menyebabkan keringat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SheKnows
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.