Kompas.com - 24/02/2014, 18:01 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


Kompas.com -
Satu dua helai rambut beruban yang muncul bisa membuat kita panik karena merasa usia masih muda. Tetapi untuk mencabut uban yang muncul juga kita merasa takut karena khawatir nantinya uban akan bertambah banyak.

Sebenarnya kekhawatiran tersebut tidak beralasan. Para ahli mengatakan, tak mungkin beberapa rambut tumbuh dari satu tempat yang sama.

"Jika ada lebih dari satu rambut tumbuh pada tempat yang sama, itu terjadi karena bersatunya dua folikel rambut. Bisa terjadi tapi sangat jarang," kata Elizabeth Cunnane Phillips, ahli rambut.

Meski begitu, ia tidak menyarankan melakukan pencabutan uban. "Tak ada gunanya mencabut uban, lebih baik potong saja dengan hati-hati,' katanya.

Mencabut uban bisa menyebabkan folikel rambut trauma. Akibatnya rambut tidak tumbuh lagi, baik itu pada rambut di bagian kepala atau alis.

"Jika kita sering mencabuti uban pada satu area kepala, lama-lama tubuh akan mengirim sinyal ke folikel rambut untuk tidak perlu memproduksi rambut di area itu dan folikelnya beristirahat. Rambut pun jadi tipis dan bahkan botak pada satu area," paparnya.

Bila Anda tidak merasa percaya diri dengan rambut yang mulai memutih, lebih baik diwarnai saja.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.