Kompas.com - 25/02/2014, 17:57 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf
KOMPAS.com - Peneliti di University of Copenhagen meneliti 91 ribu kehamilan dan menemukan bahwa perubahan gaya hidup mencegah keguguran. Risiko keguguran sendiri terjadi jika wanita hamil kurang berat badan, obesitas, peminum minuman beralkohol, bekerja sampai larut malam dan mengangkat beban berat.

Ini berarti satu dari empat keguguran bisa dihindari. Perhatikan akan risiko yang ada termasuk jika wanita berusia di atas 30 tahun. Namun peneliti lain mengatakan bahwa faktor yang disebutkan di atas bukanlah penyebab keguguran. Setiap tahun, seperempat juta wanita Inggris keguguran. Umumnya terjadi di 12 minggu pertama namun sampai 10 ribu kasus terjadi di tahapan kehamilan selanjutnya.

Dari 91 ribu kehamilan yang diteliti antara tahun 1996 sampai 2002, sebanyak 3177 berakhir dengan keguguran sebelum 22 minggu. Penelitian ini menemukan bahwa usia wanita hamil, minum minuman beralkohol, bekerja larut makan dan kegemukan serta terlalu kurus menjadi faktor penyumbang keguguran walau tidak mutlak. Beberapa faktor yang bisa dirubah seperti bekerja larut malam dan usia ketika hamil sebenarnya bisa mengurangi risiko keguguran. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.