Kompas.com - 27/02/2014, 14:59 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Setiap perempuan tentunya ingin selalu terlihat cantik dan menarik. Itulah sebabnya, sebagian besar dari mereka bersedia melakukan beragam cara agar tampak menawan. Salah satu upaya untuk memaksimalkan penampilan yang diterapkan kaum perempuan adalah melakukan perawatan kecantikan.

Kebutuhan wanita untuk tampil menawan tersebut turut diikuti dengan perkembangan inovasi dari sejumlah merek kosmetik. Selain itu, terdapat penambahan jumlah merek kosmetik baru, yang hadir meramaikan industri kosmetik di Tanah Air.

Rangkaian jenis kosmetik yang bermunculan ini menawarkan ragam khasiat yang bermanfaat. Tetapi, bukan berarti semuanya sesuai dengan jenis kulit dan memberikan hasil sesuai janji. Sebaliknya, Anda harus tetap waspada terhadap peredaran obat dan kosmetik palsu yang semakin marak beredar di pasaran.

Menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy A Sparingga, dari hasil operasi dadakan BPOM yang disebut juga operasi yustisia terhadap peredaran obat dan kosmetik di Indonesia, diketahui bahwa hampir 30 persen obat dan kosmetik yang tersebar di pasar konvensional dan online diklaim palsu!

Lebih lanjut, Roy mengatakan, dalam sejumlah operasi yang digelar BPOM pada awal tahun 2014, terkuak fakta bahwa kehadiran obat dan kosmetik palsu telah menyebabkan pemerintah mengalami kerugian hingga mencapai miliaran rupiah.   

Roy menyebutkan, selain toko konvensional, sejumlah 129 situs online shopping yang menjual obat dan kosmetik palsu sudah ditutup. "Ada 20 sarana yang diamankan, sebanyak 14 sarana sudah masuk ke ranah hukum. Nilainya sendiri sekitar Rp 5,4 miliar," ungkapnya saat bertemu KompasFemale di @america Pacific Place, Jakarta, Rabu (26/2/2014).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.