Kompas.com - 28/02/2014, 14:31 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Setiap anak senang bermain pura-pura, mereka bisa berperan sebagai dokter, menirukan singa, atau berpura-pura menjadi ibu sambil menggendong bonekanya. Bebaskan anak menuangkan imajinasinya karena hal itu bermanfaat positif untuk perkembangan otaknya.

Kemampuan imajinasi anak biasanya berkembang pesat saat ia berusia 18-20 bulan. Bahkan anak-anak berusia 2-4 tahun melewatkan hampir separuh waktunya untuk bermain pura-pura.

Imajinasi yang aktif akan membantu balita mengembangkan berbagai kemampuannya.

- Komunikasi
Anak yang bermain pura-pura atau mendengarkan banyak dongeng dan dibacakan buku cerita memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik. Di usia satu atau dua tahun Anda mungkin belum melihat manfaatnya, tetapi saat balita berusia tiga tahun perbendaharaan kata-katanya akan meningkat sangat pesat dan mereka semakin pintar berbicara.

- Pegang kendali
Bermain pura-pura akan membuat anak bebas menjadi siapa saja, mengenali emosi negatif, mempraktekkan hal yang ia pelajari, dan menciptakan situasi yang ia inginkan. Permainan pura-pura juga memberi balita sensasi lebih kuat, lebih pintar, dan lebih mampu mengendalikan situasi, bahkan dalam situasi yang belum pernah ia alami.

- Menyelesaikan masalah
Berimajinasi juga membantu anak berpikir lebih kreatif sehingga ia terlatih untuk menyelesaikan masalah. Sebuath studi yang dilakukan tim dari Case Western Reserve University menemukan, anak yang imajinatif saat masih kecil akan tetap memiliki kemampuan ini saat mereka dewasa dan lebih mampu menyelesaikan masalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BABYCENTER
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.