Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Apakah Suatu Produk Kosmetik Sebabkan Alergi

Kompas.com - 28/02/2014, 16:55 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber LiveStrong

Kompas.com - Jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau alergi kulit, risiko Anda untuk mengalami reaksi pada kosmetik dan produk perawatan kulit sangatlah besar.

Reaksi alergi yang timbul bisa nyata, misalnya ruam merah, kulit terkelupas, atau iritasi. Reaksi lain bisa berupa rasa nyeri, kulit panas dan gatal, serta ada rasa tidak nyaman setelah menggunakan suatu produk. Sayangnya, tak selalu mudah mengetahui apakah reaksi tersebut timbul akibat alergi atau memang iritasi normal.

Ada beberapa cara yang bisa Anda ketahui untuk mengetahui apakah yang dialami merupakan reaksi alergi.

1. Baca label
Baca dengan teliti informasi produk di label untuk mengetahui apakah reaksi yang dirasakan tersebut normal. Kenali apakah beberapa bahan dalam produk menyebabkan efek kemerahan, kulit mengelupas, atau iritasi, terutama pada awal pemakaian. Biasanya bahan yang bisa menimbulkan reaksi ini adalah antijerawat dan beberapa bahan antipenuaan kulit.

2. Istirahatkan
Biarkan wajah beristirahat dan memulihkan diri. Hindari kosmetik dan produk perawatan wajah selama beberapa hari. Jika kulit sangat kering, gunakan pelembab hipoalergenik.

3. Jarangkan
Lanjutkan menggunakan produk tersebut, tetapi hanya beberapa hari sekali. Perhatikan apakah ada tanda reaksi alergi atau ketidaknyamanan yang muncul.

4. Hentikan
Hentikan pemakaian produk jika reaksi alergi muncul, bahkan setelah penggunaannya dikurangi. Biasanya reaksi yang muncul seketika atau cepat adalah reaksi alergi. Sementara itu reaksi yang muncul setelah beberapa waktu merupakan respon dari bahan-bahan dalam produk.

5. Pilih konsentrasi rendah
Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilihlah produk perawatan wajah dengan kandungan bahan aktif konsentrasi rendah. Alternatif lain, pilih produk yang memang dibuat khusus untuk kulit sensitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LiveStrong
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com