Kompas.com - 28/02/2014, 16:55 WIB
Ilustrasi skin care. ShutterstockIlustrasi skin care.
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau alergi kulit, risiko Anda untuk mengalami reaksi pada kosmetik dan produk perawatan kulit sangatlah besar.

Reaksi alergi yang timbul bisa nyata, misalnya ruam merah, kulit terkelupas, atau iritasi. Reaksi lain bisa berupa rasa nyeri, kulit panas dan gatal, serta ada rasa tidak nyaman setelah menggunakan suatu produk. Sayangnya, tak selalu mudah mengetahui apakah reaksi tersebut timbul akibat alergi atau memang iritasi normal.

Ada beberapa cara yang bisa Anda ketahui untuk mengetahui apakah yang dialami merupakan reaksi alergi.

1. Baca label
Baca dengan teliti informasi produk di label untuk mengetahui apakah reaksi yang dirasakan tersebut normal. Kenali apakah beberapa bahan dalam produk menyebabkan efek kemerahan, kulit mengelupas, atau iritasi, terutama pada awal pemakaian. Biasanya bahan yang bisa menimbulkan reaksi ini adalah antijerawat dan beberapa bahan antipenuaan kulit.

2. Istirahatkan
Biarkan wajah beristirahat dan memulihkan diri. Hindari kosmetik dan produk perawatan wajah selama beberapa hari. Jika kulit sangat kering, gunakan pelembab hipoalergenik.

3. Jarangkan
Lanjutkan menggunakan produk tersebut, tetapi hanya beberapa hari sekali. Perhatikan apakah ada tanda reaksi alergi atau ketidaknyamanan yang muncul.

4. Hentikan
Hentikan pemakaian produk jika reaksi alergi muncul, bahkan setelah penggunaannya dikurangi. Biasanya reaksi yang muncul seketika atau cepat adalah reaksi alergi. Sementara itu reaksi yang muncul setelah beberapa waktu merupakan respon dari bahan-bahan dalam produk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Pilih konsentrasi rendah
Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilihlah produk perawatan wajah dengan kandungan bahan aktif konsentrasi rendah. Alternatif lain, pilih produk yang memang dibuat khusus untuk kulit sensitif.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber LiveStrong
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.