Kompas.com - 06/03/2014, 14:25 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Kemajuan teknologi digital tidak hanya bisa membuat kita lebih gampang mencari teman, tetapi juga memutuskan hubungan. Lebih dari 50 persen responden yang disurvei mengatakan, mereka memutuskan hubungan melalui SMS dan media sosial.

Memutuskan hubungan melalui SMS, media sosial, atau e-mail dianggap bisa mengurangi rasa canggung saat harus bertatap muka untuk mengucap kata perpisahan.

Sebanyak 2.712 responden berusia 18-30 tahun di Amerika Serikat yang disurvei ini adalah mereka yang memutuskan hubungan pada tahun lalu.

Mayoritas (55 persen) responden yang mengucap kata putus melalui SMS menjelaskan proses perpisahan tersebut tidak terlalu canggung. Sementara itu, 61 persen yang menggunakan sarana media sosial mengatakan mereka telah "menghapus" atau "memblokir" nomor telepon mantan pacarnya.

Mereka yang menggunakan sarana surat elektronik mengklaim cara tersebut sebagai yang terbaik untuk menjelaskan alasan memutuskan hubungan.

Yang menarik, ketika ditanya apakah mereka akan merasa terganggu jika suatu saat mereka juga diputuskan lewat teknologi digital, 73 persen mengatakan pasti terganggu. Ketika ditanya alasannya, 60 persen mengatakan cara tersebut kurang personal.

Hasil survei juga menunjukkan, hanya 2 persen responden yang memilih memutuskan hubungan dengan cara "kuno", yakni menulis surat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Teknologi digital telah mengambil alih hidup kita, termasuk dalam hal sebuah hubungan. Memang hak Anda untuk memutuskan hubungan, tetapi ternyata banyak orang yang merasa lebih terganggu jika diputuskan lewat teknologi," kata juru bicara Vouchercloud.net, yang melakukan survei ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.