Kompas.com - 08/03/2014, 11:25 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Mengolah seafood sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang lebih sulit sebenarnya adalah proses pemilihan hidangan laut yang segar dan cara membersihkannya agar terasa enak saat disantap.

"Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan seafood. Kalau tidak benar-benar bersih, pasti akan memengaruhi rasanya," kata Chef Winni Giwangkara saat peluncuran kelas memasak online, Sealicious di Jakarta, Rabu (4/3/2014) lalu.

Winni mengatakan, cara membersihkan seafood ini berbeda-beda untuk tiap jenisnya. Misalnya udang yang harus disayat bagian punggungnya untuk mengeluarkan benang kotorannya, atau ikan yang harus dikeluarkan isi perut dan dihilangkan sisiknya.

"Namun satu kesamaannya, yang pasti jangan pernah mencuci seafood dengan cara direndam. Tapi sebaiknya dicuci dengan air yang mengalir," sarannya.

Proses perendaman akan menyebabkan penurunan kualitas seafood. "Semua jenis seafood air laut kalau terkena air tawar maka kualitasnya akan berkurang, jadi kalau dimakan rasanya kurang enak dan terasa kesat di lidah. Selain itu seafood juga jadi cepat busuk," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.