Kompas.com - 09/03/2014, 17:37 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Anak adalah buah cinta ayah dan ibu, sepantasnya tugas mengasuh dilakukan bersama, jangan dilimpahkan seluruhnya kepada ibu. Namun kenyataannya, masih banyak ayah muda yang merasa grogi dan tidak percaya diri saat harus menjaga anak!

Studi yang pernah dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa ternyata sejumlah besar ayah muda mengaku pengalaman pertama mereka saat menggendong bayi, sebagai momen hidup yang penuh tantangan.

Namun, meskipun begitu, mereka mengaku bersyukur dan bahagia saat menggendong bayi mereka, karena pada saat itulah mereka merasakan koneksi yang menyentuh dengan sang buah hati.

Hasil studi lainnya menguraikan, sebanyak 30 persen ayah muda tidak tahu cara menggendong bayi, lalu 90 persen pria mengatakan memerlukan buku panduan praktis mengenai aturan mengasuh anak. Tak heran, masalah yang dihadai para ayah tersebut menimbulkan krisis kepercayaan diri ketika ingin membangun hubungan dengan bayi mereka, baik dengan cara menggendong, mengajak bicara, dan sebagainya.

Maka dari itu, studi yang digagas oleh Persil Non-Bio dan Comfort Pure ini akhirnya menyimpulkan bahwa dibandingkan wanita, ternyata pria memerlukan waktu lebih lama untuk merasa nyaman dan mahir saat menjaga bayi.  Waktu yang dibutuhkan para ayah untuk memupuk komunikasi dan hubungan dengan bayi adalah seminggu. Sementara wanita, sebagai sosok yang mengandung dan melahirkan anak ke dunia, mulai merasa percaya diri semenjak bayi lahir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.