Kompas.com - 16/03/2014, 12:54 WIB
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com — Lemari es selalu menjadi andalan untuk menyimpan bahan makanan agar tahan lama dan menjaga kesegarannya. Padahal sebenarnya, beda jenis makanan berarti beda pula cara serta tempat penyimpanannya.

Kebiasaan langsung menyimpan makanan di dalam lemari es, selain tidak efektif, juga hanya akan "menyesakkan" ruang sehingga menimbulkan aroma tidak sedap yang menyengat dan memengaruhi kualitas makanan lainnya.

Berikut ini beberapa bahan makanan yang sebenarnya akan tetap dalam kondisi prima bila disimpan dalam suhu ruang normal.

1. Sambal botolan
Tanpa disimpan dalam lemari es, saus sambal botolan bisa bertahan sampai tiga tahun. 

2. Kentang
Menyimpan kentang di dalam lemari es akan menyebakan perubahan rasa saat dimasak. Sebaiknya, simpan kentang dalam sebuah kantong kertas dan letakkan di dalam lemari penyimpanan di dapur. 

3. Roti tawar
Roti tawar yang nikmat adalah yang memiliki rasa empuk dan lembut. Maka dari itu, jangan biasakan menyimpan roti tawar di dalam lemari es karena akan memudarkan citarasanya, dan membuatnya cepat mengering.  

4. Bawang
Simpan bawang di tempat yang kering dalam sebuah kantong plastik dengan aliran udara yang baik. Menyimpan bawang di lemari es hanya akan membuatnya cepat membusuk.

5. Tomat
Tomat yang disimpan di lemari es lebih cepat bertepung (warna putih yang menyelimuti tomat). Jika kondisinya sudah seperti ini, maka tomat tidak lagi layak untuk dimasak. Sebaiknya, simpan tomat di lemari penyimpan makanan di dapur.

6. Biji dan kopi bubuk
Menyimpan kopi bubuk atau biji kopi di dalam lemari es atau freezer akan membuat rasa kopi berubah menjadi kurang sedap. Sangat disarankan untuk menyimpan kopi dalam wadah yang kedap udara, dan di tempat yang teduh, di area dapur rumah Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.